Menteri ESDM Minta Investigasi Kilang Balongan Libatkan Pihak Asing

Kompas.com - 04/04/2021, 00:51 WIB
Asap hitam mengepul dari kebakaran tangki minyak T-130G milik PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan Indramayu, Selasa (30/3/2021). Sebelum terbakar kilang ini meledak pada Senin (29/3/2021) kemarin malam diduga karena tersambar petir. KOMPAS.com/ALWIAsap hitam mengepul dari kebakaran tangki minyak T-130G milik PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan Indramayu, Selasa (30/3/2021). Sebelum terbakar kilang ini meledak pada Senin (29/3/2021) kemarin malam diduga karena tersambar petir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) Arifin Tasrif mengatakan untuk penyebab kebakaran tangki di Kilang Balongan Pertamina, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, masih dalam proses investigasi, baik dari internal maupun eksternal.

"Penyebab masih dalam proses investigasi yang dilakukan oleh Pertamina dan juga pihak eksternal," kata Arifin Tasrif dilansir dari Antara, Minggu (3/4/2021).

Ia mengatakan untuk penyebab kebakaran di empat tangki Kilang Balongan, juga diharapkan instansi internasional bisa mengkaji apa yang telah terjadi dengan insiden tersebut.

"Kami juga ingin mendapatkan kajian dari instansi internasional yang menangani bidang kecelakaan kerja insiden seperti sekarang ini," tutur Arifin.

Baca juga: Membandingkan Harga BBM Pertamina RI Vs Petronas Malaysia April 2021

Untuk ke depannya, kata Arifin, Pertamina harus mengkaji dan mengevaluasi sistem kerja yang saat ini diterapkan pada seluruh kilang minyaknya.

Evaluasi itu dibutuhkan oleh Pertamina, kata dia, agar kejadian serupa tidak lagi terjadi di semua kilang yang dimiliki dan kebakaran tersebut seharusnya menjadi pengalaman dan pelajaran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depannya dari kejadian ini, Pertamina harus melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi apa saja yang diperlukan dari sistem pengamanan kilang-kilangnya. Jadi pelajaran yang diambil dari beberapa kejadian yang terjadi di beberapa kilang, kami minta untuk dilakukan evaluasi," kata Arifin Tasrif.

Telah padam

Arifin juga memastikan api di tangki Kilang Balongan milik Pertamina sudah padam dan saat ini sedang dilakukan pendinginan.

Baca juga: Harga BBM di Sumut Naik, Gubernur Edy Rahmayadi Salahkan Pertamina

"Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan," kata dia.

Ia mengatakan meskipun sudah dinyatakan padam, namun Pertamina masih terus melakukan penanganan di tangki yang terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X