Kompas.com - 04/04/2021, 13:05 WIB
Ilustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia sepekan ke depan diprediksi akan bergerak menguat.

Sebelumnya, IHSG ditutup mengat di akhir pekan lalu dengan kenaikan 0,43 persen di level 6.011,45.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, beberapa sentimen akan mempengaruhi pergerakan IHSG dalam sepekan, salah satunya yield obligasi 10 tahun AS yang naik tipis.

Baca juga: Sektor Keuangan Tertekan dalam Sepekan, IHSG Terkoreksi Hampir 3 Persen

Kenaikan tidak lepas dari data yang menunjukkan kenaikan lapangan kinerja perusahaan di AS periode Maret sebagai sinyal pemulihan ekonomi AS.

“Memang data indikator ekonomi kuat saat ini diperkirakan tidak akan mengubah arah kebijakan moneter tetapi cenderung mendorong Yield Obligasi AS jangka Panjang terus naik,” kata Hans, Minggu (4/4/2021).

Hans mengatakan, indeks S&P 500 melewati ambang 4.000 untuk pertama kalinya setelah Presiden AS Joe Biden memperkenalkan proposal infrastruktur pemerintah yang mencapai multi-triliun dollar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggaran tersebut termasuk anggaran untuk jalan dan jembatan serta energi hijau dan peningkatan sistem air.

“Ini merupakan pengeluaran besar kedua dari pemerintah Biden setelah ditandatangainya UU bantuan dan stimulus senilai 1,9 triliun dollar AS pada 11 Maret,” kata Hans.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat, Rupiah Ditutup Stagnan

Joe Biden menyerukan penggunaan kekuatan pemerintah untuk membentuk kembali ekonomi Amerika Serikat yang merupakan terbesar di dunia dan mengimbangi keperkasaannya terhadap China.

Pasar saham diliputi sentimen bullish yang dipicu oleh rencana pengeluaran anggaran belanja Presiden AS Joe Biden sebesar 2 triliun dollar AS.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.