Antisipasi Kemacetan Arus Balik Libur Panjang, Kemenhub Batasi Angkutan Barang di Tol

Kompas.com - 04/04/2021, 15:50 WIB
Ilustrasi macet chat9780Ilustrasi macet

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan telah mempersiapkan langkah-langkah penanganan arus balik untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada momen libur panjang Hari Wafat Isa Al Masih 2021 ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya akan menerapkan pembatasan angkutan barang.

Ketentuan tersebut diberlakukan kepada mobil barang dengan sumbu tiga ke atas atau dengan muatan lebih dari 14 ton, maupun mobil barang dengan kereta tempelan, kereta gandengan, dan mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian serta bahan tambang, dan mobil barang pengangkut bahan bangunan.

Baca juga: Libur Panjang Paskah, Jumlah Penumpang Bus AKAP Meningkat

"Pengalihan ke jalan arteri pantura dari arah timur ke arah barat mulai dari Gerbang Tol Kendal dan akan diperketat di Gerbang Tol Palimanan IV dan masuk kembali di Gerbang Tol Cikarang Barat. Ketentuan ini diberlakukan mulai tanggal 4 April 2021 pukul 12.00 WIB sampai tanggal 5 April 2021 pukul 08.00 WIB,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/4/2021).

“Kami juga sudah menyiapkan petugas gabungan yang terdiri dari Kepolisian, Ditjen Hubdat, BPTD, BPTJ, Dishub Provinsi, Dishub Kabupaten/Kota dan juga BUJT untuk berkoordinasi dalam proses pengalihan arus lalu lintas angkutan barang," sambungnya.

Pembatasan operasional dikecualikan bagi mobil barang pengangkut bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, barang ekspor dan impor dari dan ke pelabuhan ekspor atau impor, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, hantaran pos dan uang, serta barang-barang pokok seperti beras, tepung terigu, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pembatasan angkutan barang ini tujuannya adalah untuk keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas mengingat saat ini merupakan libur panjang dan akan ada lonjakan arus balik lalu lintas. Pokoknya di setiap libur panjang kami terus mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas,” kata Budi.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, PNS Dilarang Bepergian selama Libur Paskah

Berdasarkan data yang dihimpun oleh PT. Jasa Marga (Persero), terpantau sejak tanggal 1-3 April 2021 pada masa libur panjang Hari Wafat Isa Al Masih terdapat sebanyak 249.934 kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek menuju arah Timur dan puncak arus balik ke arah Jakarta diprediksi hari ini hingga besok pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.