IHSG Berpeluang Lanjutkan Kenaikan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 05/04/2021, 06:37 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan kembali menguat pada Senin (5//4/2021). Sementara, pergerakan IHSG pada Kamis (1/4/2021) lalu, ditutup menguat 0,43 persen di level 6.011,46.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan, berdasarkan indikator, Moving Average Convergence/Divergence (MACD) dan indeks kekuatan relatif (RSI) masih menunjukkan sinyal negatif. Kendati demikian, stochastic mulai menunjukkan kondisi jenuh jual atau oversold.

"Di sisi lain, terlihat pola bullish inside bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga ke depannya berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujar Nafan dalam rekomendasinya.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat, Rupiah Ditutup Stagnan

Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance minimum IHSG diperkirakan berada pada 5.940.99 hingga 6.081.11.

Proyeksi senada juga dikemukakan Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee, yang memperkirakan pergerakan IHSG hari ini akan menguat.

Secara teknikal Hans mengatakan, IHSG menguat sebesar 25 poin membentuk candle dengan body naik dan shadow di atas dan bawah indikasi kekuatan naik terbatas. Dengan demikian, lanjut dia, proyeksi pergerakan IHSG hari ini, berpeluang konsolidasi menguat dengan support di level 5.960 sampai 5.892 dan resistance di level 6.066 sampai 6.170.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara analis sekaligus CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya berpendapat, IHSG hari ini berpotensi bergerak dalam rentang konsolidasi wajar.

"Perjalanan IHSG terlihat sedang berusaha menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik, selama support level mampu dipertahankan cukup kuat maka peluang kenaikan jangka pendek masih terbuka lebar, mengingat hingga saat ini kondisi perekonomian Indonesia berada dalam kondisi stabil yang terlihat dari data yang telah terlansir. Hari ini, IHSG berpotensi bergerak dalam rentang konsolidasi wajar," kata William.

Adapun pergerakan IHSG versinya akan berada di level 5.827 hingga 6.088.

Baca juga: Sektor Keuangan Tertekan dalam Sepekan, IHSG Terkoreksi Hampir 3 Persen

Berikut rekomendasi saham untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.