BEI Suspensi Saham ZBRA Milik Kakak Hary Tanoe

Kompas.com - 05/04/2021, 13:58 WIB
Ilustrasi saham, pergerakan saham. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi saham, pergerakan saham.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan taksi berbasis di Surabaya, Jawa Timur, PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) milik kakak Hary Tanoesoedibjo, yakni Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo dihentikan sementara atau suspensi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) per hari ini (5/4/2021).

Sebab, saham ZBRA terjadi peningkatan harga kumulatif secara signifikan pada perdagangan saham.

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA), dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA), pada perdagangan tanggal 5 April 2021," tulis BEI dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Baca juga: IHSG Berpeluang Lanjutkan Kenaikan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Keputusan BEI menghentikan saham ZBRA ini berlaku di pasar reguler dan pasar tunai.

Adapun alasan dari penghentian ini menurut BEI, memberikan pertimbangan para pelaku transaksi di pasar modal terkait saham ZBRA.

"Penghentian sementara perdagangan saham ZBRA tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA)," ujarnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip dari Kontan, PT Trinity Healthcare (THC) perusahaan milik Rudy Tanoe resmi mengambil alih PT Zebra Nusantara melalui Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PPJB) dengan PT Infiniti Wahana (IW) selaku pemegang saham pengendali dalam ZBRA.

Baca juga: BEI Suspensi Saham Indosat dan Urban Jakarta Propertindo, Ada Apa?

Infiniti Wahana memiliki sejumlah 665.19 juta saham, terdiri dari 3.400 saham Seri A dengan nilai nominal Rp 500 per saham dan 665.18 juta, saham Seri B dengan nilai nominal Rp 100 per saham, atau seluruhnya sebesar 77,70 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam ZBRA.

Berdasarkan PPJB, Infiniti Wahana dan THC telah sepakat untuk melakukan jual beli saham sebanyak 436.627.835 saham Seri B atau 51 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam ZBRA dengan harga Rp 56 per saham.

Sebagai pelaksanaan PPJB, pada tanggal 9 Maret 2021, THC selaku pembeli dan Infiniti Wahana selaku penjual telah melakukan penyelesaian pembelian dan pengalihan saham yang dijual melalui crossing di pasar negosiasi pada BEI sebanyak 436.627.835 saham seri.

Untuk mengambil alih 436,62 juta saham ZBRA tersebut, maka THC harus mengeluarkan dana sekitar Rp 24,45 miliar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X