Digital Farming, Apa Untungnya untuk Petani?

Kompas.com - 05/04/2021, 15:32 WIB
Ilustrasi petani SHUTTERSTOCK.com/FENLIOQIlustrasi petani
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Kemkominfo RI Septriana Tangkary mengatakan, saat ini pemerintah sedang mendorong petani di Indonesia untuk menerapkan digital farming.

Dia menjelaskan digital farming adalah program agar petani mengelola sektor pertanian dengan berbasis bantuan digital agroteknologi.

"Dengan teknologi kita dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk meminimalkan risiko yang ada. Memungkinkan kita untuk memprediksi kemungkinan hujan, serangan hama dan penyakit," ujarnya dalam Creativetalks Pojok Literasi: Jadi Petani Milenial di Era Digital KUY yang disiarkan secara virtual, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Program Petani Milenial Diharapkan Bisa Menurunkan Angka Kemiskinan

Saat ini, sudah ada beberapa digital farming yang sudah diinisiasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) diantaranya Smart Green House, Smart Irigation System, dan Smart Farming berdasarkan teknolgi IT.

Selain itu, Septriana juga mengatakan, saat ini revolusi industri sudah semakin tampak karena maraknya penggunaan mesin-mesin otomatis yang sudah terintegrasi dengan jaringan internet.

Inovasi dengan teknologi ini pun sudah menciptakan beberapa platform digital yang menghubungkan para petani dengan konsumen, seperti TaniHub, PakTaniDigital, LimaKilo, dan AgroMaret.

"Dengan market online ini para petani kita bisa lebih mudah menjual hasil olahannya dan tentunya sangat membantu para petani kita," ucap dia.

Baca juga: Plafon KUR Tanpa Jaminan Akan Naik Jadi Rp 100 Juta, Bunganya 6 Persen



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X