Cerita Bos BCA: Dulu Bank Capek Antri Sekarang Sudah Ringan Antriannya

Kompas.com - 05/04/2021, 16:11 WIB
Manara BCA dok BCAManara BCA

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA terus melakukan efisiensi transaksi perbankan, melalui pemanfaatan teknologi digital. Hal ini diterapkan BCA di kantor cabang maupun ritel yang telah bekerjasama dengan bank.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, salah satu bentuk efisiensi yang dilakukan BCA di kantor cabang ialah dengan meluncurkan layanan Star Teller.

Layanan ini memungkinkan seorang teller dapat melayani dua nasabah sekaligus dengan menggunakan bantuan mesin.

Baca juga: Bos Djarum Raup Rp 7,1 Triliun dari Dividen yang Ditebar BCA

Hal tersebut pun membuat waktu pelayanan nasabah di kantor cabang BCA menjadi lebih efisien. Jahja bahkan menyebutkan, Star Teller mampu menjawab permasalahan kepadatan antrian di kantor cabang BCA.

"Ini sangat meningkatkan efisiensi melayani nasabah. Jadi kalau dulu BCA, bank capek antri, tapi sekarang sudah lumayan, sudah cukup ringan antrian-antriannya," kata Jahja dalam sebuah diskusi virtual, Senin (5/4/2021).

Sementara untuk layanan perbankan di tempat ritel, BCA terus memperbanyak keberadaan cash recycling machine (CRM) atau yang lebih dikenal dengan ATM setor tarik tunai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini dilakukan agar nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang untuk melakukan transaksi setor atau tarik tunai.

Jahja mengakui, pengadaan mesin CRM membutuhkan biaya yang besar. Namun, menurutnya biaya tersebut menjadi sepadan dengan efisiensi yang diterima bank.

Efisiensi itu dihasilkan dari biaya kunjungan ke mesin ATM yang berkurang. Pasalnya, dengan adanya fitur setor tunai, CRM dapat menerima dan menyalurkan langsung uang tunai.

Baca juga: Mau Tarik dan Setor Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA? Ini Caranya

"Dulu ATM harus kita maintain dalam sirkulasi 11 kali harus divisit. Tetapi dengan adanya CRM cukup 4 kali divisit," ujar Jahja.

Lebih lanjut Jahja menyebutkan, sampai saat ini BCA memiliki 1.973 Star Teller, 6.375 ATM, dan 9.766 CRM.

"Adanya teknologi uang digital dan juga adanya ATM CRM di luar cabang sehingga nasabah lebih fleksibel," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.