Ini Penjelasan Dirut Pertamina di DPR soal Kebakaran Kilang Balongan

Kompas.com - 06/04/2021, 05:09 WIB
Dirut Pertamina Pertamina Nicke Widyawati di Area Kilang Balongan, Indramayiu Jawa Barat. DOKUMENTASI PERTAMINADirut Pertamina Pertamina Nicke Widyawati di Area Kilang Balongan, Indramayiu Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa kebakaran di area kilang Balongan, Indramayu, terjadi di empat tangki T301 yakni E, F, G dan H.

"Saat kejadian, tangki G terdapat 23.000 pertalite, sedangkan tangki yang lain kondisinya kosong. Jadi posisi terisi ada di tangki G saat terjadi insiden di 29 Maret 2021 pukul 00.57 WIB," ungkap Nicke RDP Panja Migas Komisi VII DPR RI yang digelar Senin (5/4/2021).

Kapasitas tampung masing-masing tangki itu mencapai 26.000 kilo liter (KL) di area seluas 2 hektar (ha). Sebagai informasi, total area kilang Balongan mencapai 260 ha dengan area yang sudah memiliki bangunan sebanyak 180 ha.

Baca juga: Bos Pertamina Ungkap Prioritas Ganti Rugi Warga Korban Kilang Balongan

Nicke pun menekankan, pasca kebakaran tidak ada kelangkaan suplai dari Kilang Balongan, yang mempunyai total 72 tangki dengan kapasitas 1,75 juta KL di area Kilang Balongan, dan hanya 4 tangki yang tidak beroperasi.

Pertamina memilih untuk mempercepat pengiriman dengan mengalirkan produksi dari kilang langsung ke terminal bahan bakar minyak (TBBM).

"Jadi kita supply ini ke Pelumpang, Cikampek dan area Indramayu itu sendiri, kita bisa by pass langsung ke TBBM," sebut Nicke.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Nicke, kontribusi Kilang Balongan terhadap total produksi nasional mencapai 12 persen. Adapun produk dihasilkan mencakup gasoline (bensin), gasoil (solar), elpiji, hingga polypropylene.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina di Jawa dan Sumatera

Sebanyak 17 macam minyak mentah (crude) diolah di Kilang Balongan. Rinciannya 14 berasal dari domestik dan 3 dari impor.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono menambahkan, sebagai upaya pemulihan suplai di Kilang Balongan, produksi di Kilang Balikpapan, Cilacap, Dumai, dan TPPI Tuban ditingkatkan.

Dia juga mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukan secondary processing dengan harapan Kilang Balongan bisa beroperasi normal di akhir pekan ini. (Intan Nirmala Sari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ini yang dibeberkan Pertamina di hadapan Panja DPR soal Kilang Balongan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.