Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penjelasan Dirut Pertamina di DPR soal Kebakaran Kilang Balongan

Kompas.com - 06/04/2021, 05:09 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa kebakaran di area kilang Balongan, Indramayu, terjadi di empat tangki T301 yakni E, F, G dan H.

"Saat kejadian, tangki G terdapat 23.000 pertalite, sedangkan tangki yang lain kondisinya kosong. Jadi posisi terisi ada di tangki G saat terjadi insiden di 29 Maret 2021 pukul 00.57 WIB," ungkap Nicke RDP Panja Migas Komisi VII DPR RI yang digelar Senin (5/4/2021).

Kapasitas tampung masing-masing tangki itu mencapai 26.000 kilo liter (KL) di area seluas 2 hektar (ha). Sebagai informasi, total area kilang Balongan mencapai 260 ha dengan area yang sudah memiliki bangunan sebanyak 180 ha.

Baca juga: Bos Pertamina Ungkap Prioritas Ganti Rugi Warga Korban Kilang Balongan

Nicke pun menekankan, pasca kebakaran tidak ada kelangkaan suplai dari Kilang Balongan, yang mempunyai total 72 tangki dengan kapasitas 1,75 juta KL di area Kilang Balongan, dan hanya 4 tangki yang tidak beroperasi.

Pertamina memilih untuk mempercepat pengiriman dengan mengalirkan produksi dari kilang langsung ke terminal bahan bakar minyak (TBBM).

"Jadi kita supply ini ke Pelumpang, Cikampek dan area Indramayu itu sendiri, kita bisa by pass langsung ke TBBM," sebut Nicke.

Menurut Nicke, kontribusi Kilang Balongan terhadap total produksi nasional mencapai 12 persen. Adapun produk dihasilkan mencakup gasoline (bensin), gasoil (solar), elpiji, hingga polypropylene.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina di Jawa dan Sumatera

Sebanyak 17 macam minyak mentah (crude) diolah di Kilang Balongan. Rinciannya 14 berasal dari domestik dan 3 dari impor.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono menambahkan, sebagai upaya pemulihan suplai di Kilang Balongan, produksi di Kilang Balikpapan, Cilacap, Dumai, dan TPPI Tuban ditingkatkan.

Dia juga mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukan secondary processing dengan harapan Kilang Balongan bisa beroperasi normal di akhir pekan ini. (Intan Nirmala Sari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ini yang dibeberkan Pertamina di hadapan Panja DPR soal Kilang Balongan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com