Mentan Jamin Stok Daging Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Kompas.com - 06/04/2021, 10:42 WIB
Daging sapi di Pasar Slipi, Kamis (4/3/2021). Kompas.com/Sonya TeresaDaging sapi di Pasar Slipi, Kamis (4/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan daging jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini dalam kondisi cukup dan aman.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, pihaknya tidak hanya mengandalkan mekanisme impor, tetapi juga memaksimalkan produksi daging dalam negeri.

“Selama Ramadhan, biasanya daging menjadi salah satu kebutuhan pangan yang cukup tinggi permintaannya, kami akan lakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan itu, baik dalam bentuk daging segar maupun beku, kami akan maksimalkan dari berbagai tempat termasuk produksi dalam negeri," ujar Syahrul saat saat meninjau Toko Daging Nusantara GDC, Depok, dikutip Kompas.com melalui siaran resminya, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Jelang Puasa, Harga Cabai Rawit hingga Daging Sapi Masih Tinggi

Syahrul mengatakan, kunjungannya ke Toko Daging Nusantara ini menjadi salah satu upayanya dalam memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat, khususnya daging.

Kementan akan meningkatkan sinergi dengan pihak terkait untuk mengamankan ketersediaan maupun distribusi pangan secara umum.

Ia menambahkan, pangan sangat terkait dengan penawaran dan permintaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, Kementan akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, salah satunya Menteri Perdagangan (Mendag) untuk mendekatkan produksi dengan pasar

"Jika masih terjadi lonjakan tentu kami akan lakukan operasi pasar, hari ini saya juga mengecek ketersediaan daging bersama Ibu Diana, salah satu Ketua Asosiasi atau UMKM daging, ini juga menjadi bagian kami untuk memperkuat upaya pemenuhan pangan,” jelasnya.

Baca juga: Harga Daging Kerbau di Indonesia Lebih Mahal ketimbang di Malaysia, Kok Bisa?

Syahrul menuturkan, secara umum, stok sebelas pangan nasional dalam kondisi yang aman dan terkendali.

Ia menambahkan, Kementan akan terus mengecek ketersediaan pangan hanya lewat data sekaligus memantau ketat pergerakan stok pangan di lapangan, terutama selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X