Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Porsi Kredit untuk UMKM 30 Persen Berpotensi Munculkan Kredit Macet

Kompas.com - 06/04/2021, 16:07 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah untuk mendongkrak rasio kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 30 persen pada 2024, dinilai berpotensi menimbulkan adanya kredit macet.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani mengatakan, tidak semua bank akan mampu bertahan apabila harus fokus melakukan pembiayaan UMKM.

Pasalnya saat ini sudah ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR), dimana pemerintah akan memberikan subsidi bunga kredit kepada para debitur.

Baca juga: Pemerintah Bakal Naikkan Plafon KUR UMKM hingga Rp 20 Miliar

Oleh karenanya, Avi meyakini, bank swast khususnya akan kesulitan bersaing dengan bank yang memiliki plafon KUR tinggi.

"Pada akhirnya orang banyak lari ke KUR. Makanya (bank) yang bisa tumbuh besar, bank yang memiliki kemampuan," katanya kepada Kompas.com, Selasa (6/4/2021).

Aviliani juga menyoroti kualitas sebagian pelaku UMKM yang dinilai masih belum mampu untuk naik kelas.

Dengan adanya rencana peningkatan rasio kredit UMKM, hal tersebut justru akan membuat pelaku UMKM yang belum naik kelas mendapatkan dana berlebih.

"Kalau enggak naik kelas, diberi pinjaman terus, bahaya," ujarnya.

Selain itu, saat ini financial technology (fintech) juga tengah fokus melakukan pembiayaan terhadap masyarakat yang tidak dapat mengakses bank atau non-bankable, sehingga bank lebih memilih untuk bekerjasama.

Baca juga: Luhut: 20 April, Stimulus Rp 400 Miliar untuk UMKM Diluncurkan

"Jadi kalau bank dipaksa 30 persen saya agak takut. Malah bisa jadi (kredit) macet," ucap Avi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meminta porsi pembiayaan UMKM mampu mencapai level lebih dari 30 persen tahun 2024. Adapun saat ini, porsi pembiayaan UMKM berada di level 18 persen - 20 persen.

"Pak Presiden meminta bahwa diberikan tantangan yang lebih besar agar ada peningkatan secara lompatan, sehingga Presiden memberikan arahan kredit UMKM ditargetkan di tahun 2024 adalah lebih dari 30 persen," ujar Airlangga dalam konferensi virtual usai Rapat Terbatas (Ratas), Senin (5/4/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com