Kemenparekraf Kucurkan Dana Hibah Rp 3,7 Triliun untuk Industri Kreatif dan Pariwisata

Kompas.com - 07/04/2021, 14:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau lokasi vaccine drive thru di Waterbom Bali Dok. KemenparekrafMenparekraf Sandiaga Uno saat meninjau lokasi vaccine drive thru di Waterbom Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah menyiapkan dana hibah Rp 3,7 triliun untuk industri wisata tahun 2021.

Sandiaga menyebutkan dana ini akan diberikan kepada para pelaku ekonomi kreatif mulai dari biro perjalanan hingga pramuwisata.

"Dananya kita perluas dan kita targetkan sebanyak Rp 3,7 triliun akan kita salurkan ke para pelaku ekonomi kreatif agar mendapatkan dana hibah, kalau tahun lalu hanya hotel dan restoran, tahun ini kita perluas sehingga para biro perjalanan wisata, hingga pramuwisata mendapatkan bantuan," ujarnya dalam Webinar Indonesia Bangkit 2021 yang disiarkan secara virtual, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: RI Dapat Hibah Rp 704 Miliar dari Jepang, Dipakai untuk Bangun 6 Sentra Perikanan

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan program ini masih dalam tahap proses pengajuan melalui program PEN 2021.

Rencananya, bantuan ini akan dilakukan melalui mekanisme transfer ke daerah masing-masing yang membutuhkan, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya dan terlebih dahulu harus melewati proses kurasi.

Di samping itu, Kemenparekraf juga akan menggelar program vaksinasi untuk para pelaku usaha Parekraf seperti Bali, Batam, Banten, Jawa dan banyak lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kenapa kami buat, karena ada 34 juta orang yang menggantungkan kehidupannya melalui pariwisata, jadi kami akan vasilitasi mereka untuk mendapatkan vasksinasi biar kegiatan ekonomi kreatif bisa kembali hidup," ucap dia.

Baca juga: Sandiaga Uno: Hibah untuk Industri Pariwisata Berlanjut di Tahun Ini

Tak hanya itu Sandiaga juga mengatakan untuk meningkatkan atau membangun kepercayaan publik untuk berwisata, Kemenparekraf akan membuat konten sosialisasi, publikasi dan edukasi untuk memulihkan citra destinasi wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.