Berusia 18 Tahun, Remaja Asal Jerman Ini Jadi yang Termuda dalam Jajaran Orang Terkaya Dunia

Kompas.com - 07/04/2021, 16:16 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 nyatanya tak membuat kantong orang-orang kaya di dunia kian kering.

Berdasarkan data Forbes, di tahun 2021 ini jumlah orang terkaya di dunia mencapai 2.755 orang, meningkat 660 orang bila dibandingkan tahun lalu.

Secara keseluruhan, nilai harta kekayaan dari orang terkaya di dunia tersebut mencapai 13,1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 183.400 triliun (kurs Rp 14.000). Jumlah tersebut meningkat 8 triliun dollar AS bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Miliarder asal India Ini Kembali Jadi Orang Terkaya di Asia

Pada daftar kali ini, terdapat 493 nama baru. Termasuk di dalamnya yakni seorang pemuda asal Jerman yang berusia 18 tahun.

Pemuda bernama Kevin David Lehmann tersebut menjadi orang termuda yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai kekayaannya tercatat mencapai 3,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 46,2 triliun. Di dalam daftar tersebut, Kevin menduduki posisi ke 925.

Sumber kekayaan orang terkaya dunia termuda itu berasal dari kepemilikan saham sebesar 50 persen atas sebuah jaringan perusahaan farmasi di Jerman, Drogerie Markt (DM). Perusahaan tersebut tercatat memiliki pendapatan tahunan rata-rata sebesar 12 miliar dollar AS.

Baca juga: Menguak Kisah Hidup Pablo Escobar, Bandar Narkoba Terkaya di Dunia

Salah satu filosofi dari drogerie markt yakni memastikan kesejahteraan dan membawa kesuksesan jangka panjang yang lebih besar bagi perusahaan.

Drogerie Markt didirikan pada tahun 1973 oleh Goetz Werner yang membuka toko pertamanya di Karlsruhe, Jerman. Saat ini, dm tercatat memiliki 3.700 toko yang tersebar di berbagai wilayah di Jerman.

Saham yang dimiliki Kevin merupakan warisan dari ayahnya, Guenther, yang menginvestasikan dananya di DM pada 1974.

Ayah Kevin sendiri kala itu juga tengah menjalankan jaringan toko grosir milik keluarga, Pfannkuch.

Guenther memberikan kepemilikan saham sebesar 50 persen atas dm kepada Kevin David pada tahun 2017 lalu. Forbes mencatat, keduanya tidak pernah terlibat langsung dalam operasional perusahaan farmasi tersebut.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Elon Musk Hanya Tidur 6 Jam Sehari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.