KILAS

Dukung Daerah Sentra Tanam Pangan, Kementan Siapkan Bantuan Alsintan Pra-Panen

Kompas.com - 07/04/2021, 19:47 WIB
Salah satu lokasi Food Estate Kalimantan Tengah di Desa Bentuk Jaya (Blok A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. DOK. Humas Kementan Salah satu lokasi Food Estate Kalimantan Tengah di Desa Bentuk Jaya (Blok A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

KOMPAS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) pra-panen pada 2021.

Bantuan alsintan, kata dia, akan diberikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan.

"Bantuan alsintan tahun anggaran (TA) 2021 sudah termasuk untuk mendukung program food estate," ujar Sarwo, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/4/2021).

Ia menjelaskan, alsintan yang disiapkan pihaknya adalah cultivator, hand sprayer, pompa air, rice transplanter, traktor roda dua, dan traktor roda empat.

Baca juga: Genjot Produktivitas 50 Poktan di Luwu Utara, Kementan Kirim Alsintan

Sejak 2020, Direktorat Jenderal (Ditjen) PSP telah menggelontorkan total 844 unit alsintan untuk mendukung food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Untuk pengolahan lahan food estate di Kabupaten Kapuas telah didistribusikan alsintan. Mulai dari traktor roda empat sebanyak 147 unit, traktor roda dua (150 unit), rice transplanter (35 unit), dan pompa air (100 unit).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Khusus food estate di Kalteng, sejak awal, lahan tempat ini digarap secara full mekanisasi. Bahkan, tanam perdana presiden juga dilakukan dengan alsintan. Kami siap mengintensifkan pemanfaatan alsintan di sini," kata Sarwo.

Untuk itu, lanjut dia, penggunaan alsintan akan semakin diintensifkan di lokasi food estate Kalteng. Melalui Ditjen PSP, Kementan siap mendukung langkah tersebut.

Baca juga: Maksimalkan Potensi Pertanian Malaka, Kementan Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani

Senada dengan Dirjen PSP Sarwo, rencana mengintensifkan penggunaan alsintan di lokasi food estate turut disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkormarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kami akan meningkatkan fungsi alsintan agar petani mendapatkan alat dan mesin pertanian yang murah. Presiden juga sudah memberi perintah bahwa produksi alsin dalam negeri wajib digunakan di sini, termasuk pemeliharaannya," ucapnya saat berkunjung ke food estate Kalteng.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, alsintan dapat membantu peningkatan produktivitas di lokasi food estate.

Baca juga: Dukung Pertanian Modern, Kementan Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani

"Guna mendukung produktivitas di food estate, kami akan memaksimalkan penggunaan alsintan sebagaimana instruksi presiden (inpres). Kami ingin mendapatkan hasil maksimal dari sini. Dan hal itu bisa didukung dengan penggunaan alsintan," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.