BI Sebut Komitmen Bank untuk Turunkan Suku Bunga Sudah Mulai Terlihat

Kompas.com - 07/04/2021, 20:39 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, tren penurunan suku bunga kredit perbankan sudah mulai terlihat.

Tren tersebut selaras dengan langkah BI yang telah menurunkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate ke level 3,5 persen, terendah sepanjang sejarah, pada Februari lalu.

"Komitmen penurunan suku bunga yang dilakukan perbankan itu sudah mulai terlihat, dan kita mengharapkan dalam beberapa bulan ke depan tren penurunan akan tetap terjadi," ujar Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Yanti Setiawan dalam diskusi virtual, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: BI Masih Buka Peluang Turunkan Suku Bunga Acuan

Menurut dia, penurunan bunga kredit perbankan dapat melengkapi kebijakan pelonggaran Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) maksimal 100 persen atau uang muka (DP) 0 persen untuk kredit pembiayaan properti atau kendaraan bermotor, yang telah terlaksana sejak 1 Maret lalu.

"Pada Januari-Februari juga Bank Indonesia sudah mulai memberikan suatu dorongan untuk perbankan untuk melakukan keterbukaan atau transparansi dari suku bunga," katanya.

Berdasarkan proyeksi BI, permintaan kredit properti dan kendaraan bermotor pada tahun ini akan mengalami pertumbuhan.

Oleh karenanya, kebijakan moneter yang dilakukan BI melalui penurunan suku bunga maupun pelonggaran LTV diharapkan dapat memfasilitasi proyeksi tersebut.

"Demikian juga dari sisi fiskal kita sudah mengetahui pemerintah sudah mengeluarkan relaksasi pajak untuk kendaraan bermotor dan juga pajak pertambahan nilai properti," ucap Yanti.

Baca juga: Bakal Gantikan Sistem Kliring Nasional, Apa Kelebihan BI Fast?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X