Analis Kompak Prediksi IHSG Hari Ini Kembali Bergerak di Zona Hijau

Kompas.com - 08/04/2021, 07:05 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (8/4/2021), diprediksi kembali akan menguat setelah kemarin ditutup di zona hijau pada level 6036.62 atau menguat 0,56 persen.

Menurut CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya, pergerakan IHSG terlihat masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. Apabila IHSG mampu menembus resisten level terdekat, maka masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendeknya.

"Hingga saat ini, kondisi perekonomian Indonesia berada dalam kondisi stabil yang terlihat dari data perekonomian yang telah terlansir, serta rilisnya kinerja beberapa emiten yang akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini, IHSG masih berpotensi bergerak pada zona hijau," ujarnya dalam proyeksi tersebut.

Baca juga: Tak Ada Kata Terlambat, Ini 11 Tips Investasi untuk Anak Muda

Ia memperkirakan, indeks harga saham hari ini akan bergerak di rentang level support resistence 5.827-6.088.

Hal senada juga dikemukakan Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama yang memperkirakan IHSG akan hari ini akan menguat.

Berdasarkan indikator, Moving Average Convergence Divergence (MACD) masih menunjukkan sinyal negatif. Meskipun demikian, stochastic dan indeks kekuatan relatfif atau RSI mulai berada di area netral.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat kedepannya," jelasnya pada proyeksi itu.

Pergerakan IHSG hari ini menurut dia, berdasarkan rasio fibonacci akan berada direntang level 5.940 hingga 6.081.

Sementara itu, Analis Panin Sekuritas William Hartanto juga memproyeksikan, pergerakan IHSG di pasar bursa Kamis, akan cenderung mengarah ke penguatan.

"Sudah berhasil menguat menembus resistance MA5 dan tekanan jual menurun, IHSG berpotensi melanjutkan rebound. Indikasi rebound juga terlihat dari MACD histogram yang mulai memendek menuju positif. Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam range 5.974 sampai dengan 6.100," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.