Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuki Era Industri 4.0, Pemimpin Perlu Miliki Keahlian ini

Kompas.com - 08/04/2021, 11:05 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai sektor usaha kini telah memasuki era industri 4.0, dimana keberadaan teknologi dan sumber daya manusia beserta sumber daya lainnya menjadi sebuah kesatuan.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, memasuki era tersebut berbagai tantangan baru harus dihadapi oleh pelaku usaha.

Mulai dari perubahan model bisnis yang semakin cepat hingga regenerasi tenaga kerja disebut Tiko sebagai tantangan-tantangan yang perlu dihadapi pelaku usaha saat ini.

Baca juga: Industri 4.0 Diharapkan Bisa Dorong RI Masuk dalam Jajaran Negara Ekonomi Terbesar

"Untuk menjawab tantangan tersebut dibutuhkan profil seorang leader 4.0," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (8/4/2021).

Menurut Tiko, seorang pemimpin di era industri 4.0 harus memiliki tujuan dan sikap yang kuat, sehingga mampu mengimplementasikan keahlian yang diperlukan.

Kepemimpinan yang mengkombinasikan pemikiran dan eksekusi adalah keahlian utama yang perlu dimiliki seorang pemimpin agar dapat memikirkan sekaligus mengimplementasikan tujuan yang dimiliki.

"Kemudian managerial skill, dimana seorang leader harus mampu mengelola zoom in dan zoom out dalam permasalahan," ujar Tiko.

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, Milenial Didorong Berinovasi

Lalu, Tiko juga menekankan pentingnya konsitensi bagi seorang pemimpin dalam menerapkan langkahnya.

Hal tersebut, nantinya akan mampu menciptakan kreatifitas ataupun pola pikir alternatif, sehingga sebuah permasalahan dapat diatasi dengan baik.

"Leader harus memiliki dynamic thinking dan alternatif-alternatifnya," ucap Tiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com