BCA Akan Luncurkan Bank Digital, Apakah Mirip Fintech?

Kompas.com - 08/04/2021, 18:14 WIB
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kanan) dan Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono (kiri) secara resmi meluncurkan BCA Keyboard di tengah acara BCA Expoversary 2019 hari kedua di Tangerang, Sabtu (23/02). -Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kanan) dan Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono (kiri) secara resmi meluncurkan BCA Keyboard di tengah acara BCA Expoversary 2019 hari kedua di Tangerang, Sabtu (23/02).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA akan meluncurkan layanan bank digital, dengan mengkonversi PT Bank Royal Indonesia, pada semester I tahun ini.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, pada tahap awal, bank digital akan berfokus pada pendanaan dan pembayaran (funding and payment).

“Saya pikir pertama kita akan mengembangkan dari sisi funding dan payment, ini adalah basic,” kata Jahja dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: BCA Digital Akan Diluncurkan Pertengahan Tahun ini

Setelah itu, BCA digital baru akan memasuki layanan peminjaman atau funding.

Namun demikian, Jahja mengakui, pihaknya masih akan mempelajari lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran peminjaman layanan BCA digital.

Pasalnya, bank digital nantinya akan memiliki aturan berbeda dengan financial technology (fintech), yang notabenenya merupakan bagian dari industri keuangan nonbank.

“Namanya bank beda dengan (fintech) peer to peer,” ujar Jahja.

Salah satu contoh perbedaan yang disinggung oleh Jahja ialah tingginya suku bunga kredit yang dimiliki oleh fintech.

Baca juga: Bos BCA: Kita Akan Mencoba Menjadi Super App

Ia meyakini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengatur terkait batasan suku bunga kredit bank digital.

“Ada OJK yang pasti akan mengatur plafon suku bunga, nah itu yang hati-hati. Kita harus tahu sekali tipikal apa lending yang akan kita lakukan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.