Pascabencana, PLN Operasikan Kembali 1.398 Gardu Listrik di NTT

Kompas.com - 09/04/2021, 12:20 WIB
Sejumlah warga berusaha melewati jalan yang tertutup lumpur akibat banjir bandang di Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (6/4/2021). Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja telah memicu bencana alam di sejumlah wilayah di NTT dan mengakibatkan rusaknya ribuan rumah warga dan fasilitas umum. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRASejumlah warga berusaha melewati jalan yang tertutup lumpur akibat banjir bandang di Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (6/4/2021). Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja telah memicu bencana alam di sejumlah wilayah di NTT dan mengakibatkan rusaknya ribuan rumah warga dan fasilitas umum. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) berhasil memulihkan sistem kelistrikan sejumlah fasilitas umum di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) usai terdampak terpaan badai siklon Seroja.

Hingga Kamis (9/4/2021) pukul 08.00 WITA, PLN telah mengoperasikan kembali 1.398 unit gardu.

Dengan demikian setidaknya lebih dari 221.761 pelanggan kini dapat menikmati listrik.

Baca juga: Mulai 2022, Ada 15,2 Juta Pelanggan PLN 450 VA Tak Lagi Terima Subsidi

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko mengatakan, fasilitas umum memang menjadi prioritas utama pemulihan kelistrikan di NTT.

Salah satu fasilitas umum yang jadi prioritas adalah rumah sakit.

"Karena rumah sakit menjadi titik vital, khususnya untuk memberikan perawatan kepada korban, ditambah lagi kondisi yang masih pandemi,” ujar Agustinus dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PLN saat ini telah berhasil menyalakan listrik fasilitas umum seperti Rumah Sakit Umum Daerah S.K. Lerik, Rumah Sakit Umum Daerah WZ Yohanes, Rumah Sakit Siloam.

Selain itu, listrik kembali tersedi di Telkom Plaza, Telkomsel Grapari, Hotel Aston, Bank Indonesia, Lippo Plaza, Bank NTT, Polda NTT, Ramayana, Bandara Eltari, AURI, Kajati NTT, hingga BPBD NTT.

Baca juga: UMKM Dapat Keringanan Pembayaran Royalti Lagu dan Musik

Agustinus mengungkapkan, untuk mempercepat proses pemulihan listrik, PLN telah mengerahkan 560 personil.

Sebanyak 163 personil diantaranya berasal dari luar NTT, yaitu dari Maluku, Sulawesi, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain fokus pada pemulihan listrik, perseroan juga menyalurkan bantuan senilai Rp 185 juta untuk para korban bencana badai siklon Seroja di NTT.

"Bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk sembako, dapur umum, dan lain-lain," kata Agustinus.

PLN pun terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan dan bersabar untuk penormalan kelistrikan.

Baca juga: Menter Teten Dorong UMKM Masuk ke Rantai Nilai Produk Halal Global

Bila diperlukan, masyarakat bisa menghubungi PLN melalui call center PLN 123 atau aplikasi PLN Mobile.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.