Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CVC Sodorkan Penawaran Akuisisi Toshiba Senilai 21 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 09/04/2021, 15:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - CVC Capital Partners dikabarkan telah melakukan penawaran untuk melakukan pembelian Toshiba Corp dengan harga 5.000 yen per saham.

Tawaran tersebut akan memberi nilai Toshiba menjadi 2,28 triliun yen atau setara dengan 21 miliar yen.

Dengan adanya tawaran tersebut, dewan direksi Toshiba berencana membentuk komite khusus untuk mempertimbangkan proposal CVC tersebut. Toshiba akan menilai proposal tersebut dengan hati-hati dan akan memberikan pengumuman jika diperlukan.

Seperti dikutip Bloomberg, Toshiba juga belum membicarakan proposal ini dengan Effisimo Capital Management yang berbasis di Singapura sebagai pemegang saham terbesar Toshiba.

Baca juga: ByteDance Bakal Akuisisi Perusahaan Game Mobile Legend

Jika penawaran CVC ini diterima, akan menjadi akuisisi terbesar oleh private equity dalam beberapa tahun. Kabar penawaran akuisisi tersebut membuat saham Toshiba melonjak hingga 18 persen.

Proposal yang diajukan CVC ini datang ketika Toshiba sebenarnya sedang dalam banyak masalah, seperti serangkaian skandal, termasuk denda rekor untuk pencatatan akuntansi yang salah.

Toshiba telah mendatangkan CEO Nobuaki Kurumatani yang juga mantan Senior Executive CVC untuk mengembalikan kepercayaan investor. Konglomerat asal Jepang tersebut merupakan pemain utama dalam sektor pertahanan dan energi di dalam negeri dan memiliki sebagian besar dari Kioxia Holdings Corp.

"Para pemegang saham mungkin menerima karena kesepakatan tersebut tampaknya menawarkan premi," kata Kepala Fund Manager di Shinkin Asset Management Co, Naoki Fujiwara.

Naoki juga mengungkapkan, Pemerintah Jepang perlu memberikan persetujuannya karena keterlibatan Toshiba dalam sektor pertahanan. Keterlibatan Toshiba dalam sejumlah industri sensitif dapat mempersulit persetujuan pemerintah untuk penjualan ke entitas asing.

Baca juga: Soal Rencana Akuisisi KCI oleh MRT, KAI: Jangan Sampai Transaksi Melemahkan Perseroan

Selain persetujuan dari pemerintah, Pemimpin Toshiba Kurumatani mungkin juga harus bergulat dengan pemegang saham yang tidak senang.

Bulan lalu, investor mengeluarkan resolusi yang diajukan oleh Effissimo Capital Management menyerukan penyelidikan atas kewajaran pemungutan suara pada rapat pemegang saham tahunan 2020.

Penawaran akuisisi Toshiba akan menjadi yang kedua di Jepang tahun ini oleh CVC, yang sebelumnya membeli unit perawatan pribadi Shiseido Co. dengan kesepakatan senilai 1,5 miliar dollar AS.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: CVC sodorkan penawaran akuisisi Toshiba senilai US$ 21 miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com