Simak Jadwal dan Syarat Lengkap Seleksi PPPK Guru dan PPPK Non-guru Tahun 2021

Kompas.com - 10/04/2021, 11:19 WIB
Ilustrasi guru, Hari Guru Nasional ShutterstockIlustrasi guru, Hari Guru Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dilakukan pada Mei-Juni 2021.

Selanjutnya seleksi tahap I dilakukan pada pertengahan Agustus 2021, pengumuman, pemberkasan, dan penetapan NIP pada akhir Agustus-September 2021, dan seleksi tahap II pada awal Oktober 2021.

Sementara seleksi tahap III dilakukan pada awal Desember 2021. Pengumuman, pemberkasan, dan penetapan NIP untuk seleksi tahap III ini dilakukan pada pertengahan Desember sampai awal Januari 2022.

Baca juga: Seleksi CPNS Dimulai Bulan Depan, Ini Jabatan dan Formasi yang Dibutuhkan

Mengutip catatan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Sabtu (10/4/2021), ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan oleh peserta seleksi guru PPPK tahun 2021. Dokumen tersebut, antara lain pas foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), KK, ijazah, dan persyaratan lain yang bakal diatur kemudian.

Hingga 7 April 2021, kebutuhan PPPK guru di pemerintah provinsi sebanyak 128.656 formasi. Sementara kebutuhan di 504 pemerintah kabupaten/kota sebanyak 418.370.

Pendaftaran seleksi guru PPPK ini dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Jadwal kegiatan seleksi guru PPPK akan disesuaikan apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah terkait status pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan tersebut," sebut catatan tersebut.

Nantinya seleksi dilakukan dengan sistem CAT dan dilaksanakan melalui UNBK Kemendikbud. Lokasi pelaksanaan seleksi ini masih belum dapat ditentukan karena panitia seleksi masih harus mempertimbangkan jumlah dan sebarannya.

Adapun seluruh kegiatan seleksi PPPK guru diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang berpedoman pada keputusan menteri kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

PPPK non-guru

Sedikit berbeda dengan PPPK guru, seleksi PPPK non-guru dilakukan satu tahap. Pendaftaran mulai bulan Mei-Juni 2021, seleksi pada Juli-Oktober 2021, pengumuman kelulusan pada November 2021, dan perberkasan, penetapan NIP dilakukan pada November-Januari 2022.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X