Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Akses Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Beroperasi Penuh

Kompas.com - 11/04/2021, 13:14 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan seluruh on/off ramp atau akses masuk-keluar Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran telah beroperasi penuh sejak Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

Jalan tol ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 April 2021 lalu.

Melalui anak usahanya, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC), perseroan awalnya hanya mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Kunciran 6, GT Kunciran 7, GT Kunciran 8 dan GT Benda Utama untuk melayani pengguna dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Namanya Diabadikan di Tol Layang Japek, Ini Peran Sheikh MBZ untuk RI

Namun kini Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 km telah mengoperasikan seluruh akses masuk-keluar dengan total 8 gerbang tol. Terdiri GT Tanah Tinggi 1 dan 2, GT Buaran Indah 1 dan 2, serta GT Pinang 1, 2, 3 dan 4.

"Saat ini semua akses pada Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sudah dioperasikan semua," ujar Direktur JKC Agung Widodo dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/201).

Ia menjelaskan, dengan dioperasikannya seluruh akses jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, begitu pula sebaliknya.

Maupun hanya menggunakan akes jalan tol ini, dari dan menuju daerah Tanah Tinggi, Buaran Indah, dan Pinang.

"Jalan tol ini juga telah terhubung hingga Pamulang melalui Jalan Tol Kunciran-Serpong dan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang," imbuhnya.

Agung mengatakan, diharapkan dengan telah beroperasinya Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II, dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa.

"Serta dapat meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jakarta pada umumnya dan kota Tangerang pada khususnya," katanya.

Jasa Marga pun mengimbau untuk pengguna jalan agar memastikan kecukupan saldo uang elektroniknya sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, tetap menggunakan kartu yang sama pada gerbang masuk dan gerbang keluar di jaringan Jalan Tol JORR II.

Baca juga: Ini Tarif Derek Tol Resmi Jasa Marga dan Cara Menghubunginya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com