Bank Indonesia: Penjualan Eceran Februari 2021 Membaik

Kompas.com - 12/04/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran membaik pada Februari 2021. Secara bulanan, penjualan eceran meningkat pada sebagian besar kelompok komoditas.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, perbaikan tersebut didorong oleh permintaan masyarakat yang meningkat saat Imlek dan libur nasional.

Hal itu terefeksikan dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2021 yang tumbuh -2,7 persen month to month (mtm) membaik dibandingkan dengan -4,3 persen mtm pada Januari 2021.

“Perbaikan terjadi pada sebagian besar kelompok barang, seperti bahan bakar kendaraan bermotor, perlengkapan rumah tangga lainnya, dan suku cadang dan aksesoris,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Cuti Bersama 2021 Dipangkas, Ini Jadwal Operasional Bank Indonesia

Lebih lanjut BI memprakirakan peningkatan kinerja penjualan eceran berlanjut pada Maret 2021. Hal itu tercermin dari IPR Maret 2021 yang diprakirakan tumbuh 2,9 persen.

“Sejalan dengan permintaan masyarakat yang meningkat di tengah cuaca yang mendukung,” ujar Erwin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, secara tahunan, penjualan eceran diprakirakan membaik dan tumbuh sebesar -17,1 persen year on year (yoy) dari sebelumnya -18,1 persen yoy.

Perbaikan terjadi pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei, terutama kelompok barang lainnya, termasuk subkelompok sandang, kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, dan kelompok barang budaya dan rekreasi.

Baca juga: Tahun Ini, Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia Diganti Jadi BI Fast Payment



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X