Kompas.com - 12/04/2021, 11:53 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan ada sebanyak 103 perusahaan yang belum membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2020 kepada para pekerjanya.

Ida mengatakan, saat ini 103 perusahaan sedang dalam proses pemeriksaan dan pengawasan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

“103 perusahaan sedang dalam proses pemeriksaan dan pengawasan pemanggilan dinas untuk pelaksanaan nota pemeriksaan, beberapa diantaranya berkaitan dengan permasalahan perselisihan hubungan industrial yang lagi berproses,” kata Ida dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Pengusaha Wajib Bayar Penuh THR 2021, Ini Jadwal Pencairannya

Ida mengatakan, total pengaduan yang masuk ke Kemenaker sebanyak 683 pengaduan. Dari total tersebut 410 pengaduan berkaitan dengan pembayaran THR Idul Fitri tahun 2020 yang perlu mendapatkan tindak lanjut.

“Dari total 410 pengaduan, 307 perusahaan sudah selesai melalui pemeriksaan dan pembinaan, dan THR sudah dibayarkan,” ujar Ida.

Pada tahun ini, Ida meminta perusahaan agar waktu pembayaran THR Keagamaan dilakukan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Menaker

"Saya tekankan bahwa THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan pekerja/buruh yang bersangkutan," kata Ida.

Baca juga: KSPI: Masih Banyak Perusahaan Nunggak THR 2020, Ada yang Baru Bayar Rp 250.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.