3 Sektor Jasa Ini Dinilai Berperan Penting Mendorong Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 12/04/2021, 13:30 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).
DOK. kemendag.go.id Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, sektor perdagangan jasa merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia.

Ada tiga sektor perdagangan jasa yang dinilai berperan penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia yakni jasa telekomunikasi, komputer, dan jasa infrastruktur.

"Sektor jasa yang berperan penting untuk recovery ekonomi yaitu jasa telekomunikasi, komputer, dan jasa infrastruktur seperti jasa keuangan, transportasi, distribusi, dan logistik," ujarnya dalam sosialisasi persetujuan kerangka kerja ASEAN di bidang jasa ASEAN Framework Agreement on Service yang disiarkan secara virtual, Senin (12/4/2021).

Baca juga: KSPI Minta Pengawasan Pembayaran THR 2021 Mengacu ke PP

Wamendag menilai diperlukan pembagunan sektor jasa yang menyeluruh dan berkelanjutan sesuai visi dan misi RPJMN 2020-2024 yaitu mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

"Pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Perdagangan sudah melakukan negoisasi, Indonesia sudah menyelesaikan 22 perundingan perdagangan," ucapnya.

Dia berpendapat dengan adanya perundingan perdagangan jasa, bisa membantu dan mendorong para pelaku sektor jasa untuk tetap bertahan dan pulih kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jerry mengatakan ada beberapa manfaat yang didapatkan dari perundingan perdagangan jasa. Pertama, manfaat peningkatan kesadaran atas pentingnya kontribusi sektor jasa dalam perekonomian negara dan mendorong usaha untuk membangun sektor jasa.

"Lalu manfaat yang kedua adalah pembangunan sektor jasa dilakukan melalui usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku bisnis dan yang ketika adalah pelaku bisnis di bidang jasa akan secara aktif memasuki pasar baik," ucap dia.

Baca juga: BPKH Buka Banyak Lowongan, Ini Posisi dan Cara Mendaftarnya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.