Kota-kota di Kawasan Asia Dinilai Mahal bagi Crazy Rich Dunia, Bagaimana dengan Jakarta?

Kompas.com - 12/04/2021, 15:46 WIB
Ilustrasi Jakarta SHUTTERSTOCKIlustrasi Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota-kota di kawasan Asia dinilai menjadi kawasan yang mahal bagi para orang-orang kaya atau high net worth individual (HNWI) dunia.

Untuk diketahui, orang yang masuk kategori HNWI adalah mereka yang memiliki nilai aset lebih dari 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,50 triliun (kurs Rp 14.500).

Kinerja perekonomian di kawasan Asia, khususnya untuk kawasan Asia Pasifik, yang cenderung lebih resilien dibandingkan dengan kawasan lain, serta proses pemulihan dari dampak pandemi Covid-19 yang lebih cepat membuat salah satu faktor yang menyebabkan harga-harga produk mewah cenderung stabil.

Baca juga: Berusia 18 Tahun, Remaja Asal Jerman Ini Jadi yang Termuda dalam Jajaran Orang Terkaya Dunia

Berdasarkan laporan Julius Baer Bank mengenai Global Wealth and Lifestyle Report 2021, terdapat empat kota di kawasan Asia yang masuk lima besar kota yang dinilai mahal bagi para crazy rich dunia.

Dari keempat kota tersebut, Shanghai menempati posisi pertama. Kota metropolitan di China tersebut mengambil alih posisi Hong Kong yang di laporan sebelumnya menempati posisi pertama.

Posisi berikutnya diisi oleh Tokyo dan Hong Kong, kemudian Taipei di posisi kelima. Sementara posisi keempat diduduki oleh Monaco.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara kota-kota di kawasan Amerika dan Eropa cenderung merosot kedudukannya lantaran fluktuasi harga mata uang yang terjadi di kawasan tersebut.

Di dalam laporan tersebut dijelaskan, beberapa indikator yang dinilai dalam menentukan mahal tidaknya sebuah kota bagi para crazy rich dunia tersebut meliputi harga properti pemukikman hingga operasi laser mata.

Baca juga: 10 Kota Termahal untuk Ditinggali, Ibu Kota Turkmenistan yang Paling Mahal

Lalu, bagaimana dengan Jakarta?

Laporan Julius Bare tersebut menempatkan Jakarta di posisi ke-20.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.