Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Siap Bantu Pengelolaan TMII, Akan Seperti Apa?

Kompas.com - 12/04/2021, 17:45 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno siap jika ditunjuk untuk membantu pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Saat ini TMII sedang dalam masa transisi untuk dikelola oleh negara dari yang sebelumnya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita.

Sebelumnya, pengelolaan TMII diambil alih oleh negara karena dinilai tidak dapat berkontribusi pada keuangan negara. Maka dari itu, Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2021, tentang pengambil alihan Pengelolaan TMII.

Baca juga: Digagas Bu Tien 48 Tahun Lalu, Bangun TMII Telan Rp 10,5 Miliar

“Kami akan proaktif dan memberikan pemikiran, saya yakin langkah kedepan adalah pembentukan tim pengelolaan dan seandainya kami diperlukan untuk berpartisipasi aktif tentunya kami siap,” kata Sadiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (12/4/2021).

Sandiaga mengatakan, sistem pengelolaan TMII dapat mencontoh penataan ulang di Gelora Bung Karno (GBK) yakni dengan mengutamakan layanan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan merasa aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19.

“TMII bisa menirukan penataan ulan GBK dengan mengutamakan layanan masyarakat. Pada prinsipnya kami mendukung, dan pengelolaan seperti GBK ini kami terus berkosultasi dengan Dirut GBK,” jelas Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, selama ini TMII telah menjadi destinasi wisata unggulan, khususnya berkaitan dengan destinasi budaya.

Baca juga: Sandiaga Uno Ingin Penggunaan GeNose Diperluas di Destinasi Wisata

 

Terdapat 34 provinsi yang memiliki anjungan, dengan kontribusi music corner di tiap anjungan.

“Jadi kehadiran TMII ini sebagai perekat tenun dan merajut nusantara, jadi merajut kembali tenun kebangsaan itu menjadi ciri khas TMII. TMII juga memiliki potensi untuk menggelar event baik skala nasional maupun international,” tegas dia.

Sandiaga memastikan, ke depan pihaknya akan terus membangun koordinasi dengan BUMN di sektor pariwisata untuk pengembangan TMII.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com