Grab dan Traveloka Bakal Segera Melantai di Bursa Saham AS

Kompas.com - 13/04/2021, 06:36 WIB
Ilustrasi Traveloka Office techinasia.comIlustrasi Traveloka Office

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi penyedia layanan on demand asal Singapura, Grab, dan perusahaan layanan jasa pemesanan tiket asal Indonesia, Traveloka, akan segera melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (13/4/2021), pekan ini Grab mengumumkan rencana IPO melalui special purpose acquisition company  (SPAC) Amerika Serikat (AS) yang didukung oleh manajer investasi T. Rowe Price hingga Temasek Holdings Pte, dengan valuasi perusahaan diproyeksi mencapai lebih dari 34 miliar dollar AS.

Traveloka juga dikabarkan akan mengikuti langkah Grab untuk IPO, melalui SPAC dengan dukungan miliarder Richard Li dan Peter Thiel. Valuasi salah satu unicorn Indonesia ini diprediksi mencapai sekitar 5 miliar dollar AS. 

Baca juga: BEI Lakukan Kajian Hukum untuk Unicorn yang akan IPO

Langkah dua perusahaan berstatus decacorn dan unicorn itu diproyeksi akan memantik serangkaian aksi IPO dari startup Asia Tenggara lainnya, mulai dari Gojek, Tokopedia, hingga startup asal Singapura PropertyGuru.

Dalam jangka panjang, pasar mengharapkan perusahaan teknologi mampu tumbuh cepat, bahkan dapat mendominasi perhatian, seperti yang terjadi di China dan AS.

“Kami telah melihat tren serupa di pasar lain yang lebih mapan, dan sekarang ini adalah periode emas Asia Tenggara,” kata Direktur Cathay Capital, Rajive Keshup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Industri teknologi di Asia Tenggara menjadi rumah bagi sekitar 10 negara dengan populasi terbesar di dunia dan sejumlah negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat seperti Indonesia.

Namun demikian, Asia Tenggara tidak lagi melihat aksi perusahaan teknologi raksasa melakukan IPO, setelah Sea Group memutuskan untuk melantai di bursa saham New York pada tahun 2017.

Baca juga: Bocoran Perusahaan Teknologi IPO Kuartal 1 2021, Unicorn?



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.