Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Terbitkan Surat Utang Senilai Rp 4,35 Triliun

Kompas.com - 13/04/2021, 14:07 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendapatkan dana segar sebesar 300 juta dollar AS atau setara Rp 4,35 triliun (asumsi kurs Rp 14.500 per dollar AS) dari hasil penerbitan perdana perdana Sustainability Bond.

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan menjelaskan, surat utang dengan tenor 5 tahun dengan kupon sebesar 2 persen itu akan digunakan untuk membiayai atau membiayai kembali proyek-proyek berwawasan lingkungan.

Penerbitan sustainability bond pertama Bank Mandiri itu merupakan bagian dari implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) yang telah disusun Perseroan dan telah memenuhi standar Sustainability Bond Guidelines dari International Capital Market Association (ICMA).

Baca juga: Bank Mandiri Sediakan Pembiayaan untuk UMKM yang Berbisnis Pertashop

“Bank Mandiri telah berkomitmen untuk menjalankan praktek Keuangan Berkelanjutan dengan menyusun RAKB yang diimplementasikan melalui 3 pilar strategis. Ketiga pilar itu adalah Sustainable Banking, Sustainable Operations dan Sustainable Corporate Social Responsibility & Financial Inclusion," ujar Panji dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

"Salah satu inisiatif dalam pilar Sustainable Banking adalah pembiayaan kepada sektor-sektor berkelanjutan seperti energi baru dan terbarukan serta pembiayaan kepada proyek sosial terutama untuk segmen UMKM dan mikro,” tambahnya.

Lebih lanjut Panji mengatakan, penerbitan sustainability bond ini menerima demand order lebih dari 2,5 miliar dollar AS pada saat proses book building sehingga terdapat kelebihan permintaan (oversubscription) lebih dari 8,3 kali dari rencana jumlah bond yang diterbitkan.

Baca juga: Bank Mandiri Salurkan Insentif Rp 78 Miliar Per Tahun buat Relawan Siaga Bencana

"Hal ini menunjukkan persepsi positif dari investor asing terhadap kinerja dan prospek bisnis Bank Mandiri ke depan," katanya.

Pasca-proses penerbitan, obligasi dengan rating Baa2 dari Moody’s dan BBB- dari Fitch ini, rencananya akan dicatatkan di Bursa Efek Singapura.

Ke depan Bank Mandiri disebut akan fokus mendukung program pemerintah untuk menggali dan memanfaatkan potensi energi baru dan terbarukan yang cukup besar di Indonesia serta mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com