Terus Naik, Harga Bitcoin Tembus Rp 889 Juta Per Keping

Kompas.com - 13/04/2021, 14:33 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUMIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bitcoin hari ini, Selasa (13/4/2021) mencapai 60.915 dollar AS per keping.

Dikutip dari Coindeks, harga bitcoin tersebut menguat 0,47 persen jika dibandingkan dengan harga perdagangan sehari sebelumnya.

Dalam 24 jam terakhir, harga bitcoin sempat menyentuh titik tertinggi di kisaran 61.336 dollar AS per keping atau Rp 889,37 juta dollar AS (kurs Rp 14.500 per dollar AS)

Baca juga: Kapitalisasi Aset Kripto Tembus Rp 28.000 Triliun, Dipimpin Bitcoin

Berdasarkan catatan Coingecko, harga mata uang kripto tersebut sempat menyentuh titik tertinggi pada 13 Maret 2021 lalu di level 61.711 per dollar AS atau sekitar Rp 894,80 juta dollar AS.

Dalam satu tahun terakhir, harga bitcoin terus meroket di tengah kondisi pasar keuangan yang lesu akibat dampak pandemi Covid-19. Harga bitcoin melesat hingga mendekati 800 persen hanya dalam periode satu tahun.

Sementara, bila dibandingkan dengan harga Januari lalu, maka harga bitcoin telah meroket hingga 108,72 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Coingecko mencatat, saat ini sudah terdapat 19 juta koin bitcoin yang diperdagangkan di pasar dengan kapasitas maksimal suplai bitcoin sebanyak 21 juta.

Untuk diketahui, harga bitcoin yang terus bergerak menguat salah satunya didorong oleh faktor kian banyak investor institusi yang menggunakan aset kripto sebagai pilihan investasi.
Di sisi lain, banyak pula perusahaan global yang meneripa mata uang kripto tersebut sebagai alat pembayaran.

Baca juga: Kini Beli Tesla Sudah Bisa Pakai Bitcoin

Perusahaan produsen kendaraan elektronik, Tesla, telah lebih dahulu melakukan investasi mata uang kripto sebesar 1 miliar dollar AS dalam bentuk bitcoin.
Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk tersebut juga mulai menerima aset kripto tersebut sebagai salah satu alat pembayaran untuk membeli mobil yang mereka produksi.

Selain itu, Morgan Stanley juga mulai mengizinkan beberapa klien terkaya mereka untuk menambahkan token kripto dalam portofolio investasi mereka. Di sisi lain, beberapa perusahaan penyedia jasa pembayaran seperti Mastercard dan PayPal mulai mengambil langkah untuk menggunakan bitcoin dalam ekosistem pembayaran mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.