Waskita Karya Teken Perjanjian Jual-Beli 2 Ruas Tol dengan SMI

Kompas.com - 13/04/2021, 15:18 WIB
Ilustrasi: Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018) yang dimiliki oleh Waskita Karya. MAULANA MAHARDHIKAIlustrasi: Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018) yang dimiliki oleh Waskita Karya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak perusahaannya, PT Waskita Toll Road (WTR) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau Conditional Sale Purchase Agreement (CSPA) untuk melakukan dua transaksi yaitu transaksi Konversi Saham (Share Swap) dan divestasi dengan pembayaran tunai.

Penandatanganan CSPA ini merupakan perjanjian divestasi 20 persen saham milik WTR di ruas Tol Semarang–Batang (JSB) dan 34,99 persen saham milik WTR di Cinere – Serpong (CSJ) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

SMI merupakan perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur yang didirikan untuk menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. SMI memiliki 10,62 persen saham di WTR.

Baca juga: Terlilit Utang Besar, Setahun BUMN Waskita Bayar Bunga Rp 4,74 Triliun

Nilai transaksi konversi 10,62 persen saham SMI di WTR adalah sebesar Rp 2,69 triliun yang dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan melalui konversi 6,12 persen saham SMI di WTR sebesar Rp 1,55 triliun.

Transaksi tahap pertama ini dilakukan pada dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu 13,2 persen kepemilikan saham WTR di JSB setara dengan Rp 1 triliun dan seluruh saham WTR di CSJ sebesar Rp 550 miliar.

Sisa 6,8 persen kepemilikan saham WTR atas JSB, setara dengan nilai Rp 515 miliar, akan diambil alih oleh SMI secara tunai dan dilaksanakan bersamaan dengan penyelesaian transaksi tahap pertama.

Kemudian tahap kedua dilakukan konversi atas 4,501 persen kepemilikan SMI di WTR sebesar Rp 1,14 triliun yang akan dilakukan selambat-lambatnya setahun setelah transaksi tahap pertama selesai dilaksanakan.

“Dalam CSPA ini dilakukan dua kesepakatan antara Waskita dengan SMI untuk pembelian saham SMI di WTR dan WTR dengan SMI untuk pengambilalihan saham WTR di BUJT. Para pihak sepakat sebagian besar penggunaan transaksi jual beli saham pada BUJT JSB dan CSJ akan digunakan untuk konversi saham SMI di WTR kepada Waskita,” kata Director Business Development & QHSE Waskita Karya Fery Hendriyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Utang Menggunung, Waskita Berharap Penjualan 9 Jalan Tol

Sementara itu Direktur Utama Waskita Toll Road Septiawan Andri menjelaskan, setelah menandatangani CSPA, WTR masih harus melakukan pemenuhan persyaratan administrasi dan memastikan proses divestasi dilakukan secara layak dan mematuhi ketentuan yang berlaku.

Pemenuhan persyaratan administrasi dilakukan sebelum penandatanganan Sale Purchase Agreement (SPA) antara WTR dengan SMI.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.