Cetak Rekor Baru, Harga Bitcoin Tembus Rp 900 Juta

Kompas.com - 13/04/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi mata uang virtual atau mata uang kripto, salah satunya yakni bitcoin sky newsIlustrasi mata uang virtual atau mata uang kripto, salah satunya yakni bitcoin

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga bitcoin pada hari ini mencetak rekor baru di kisaran 62.000 dollar AS. Dikutip dari Coindesk, harga bitcoin pada pukul 15.40 WIB terpantau di kisaran 62.703 dollar AS per koin.

Angka tersebut setara dengan Rp 909,19 juta (kurs Rp 14.500).

Berdasarkan catatan Coingecko, harga bitcoin hari ini sempat menyentuh rekor harga tertinggi di kisaran 62.903 dollar AS per koin atau sekitar Rp 912,09 juta.

Baca juga: Kini Beli Tesla Sudah Bisa Pakai Bitcoin

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, harga mata uang kripto tersebut hari ini telah meroket hingga 809,9 persen.

Sementara secara year to date, atau dibandingkan dengan awal Januari lalu, harga bitcoin menguat 109,8 persen.

Menguatnya harga bitcoin pun diikuti oleh aset kripto lain seperti ethereum atau ether.

Pada perdagangan hari ini, harga ether juga mencetak rekor tertinggi, yakni mencapai 2.228,28 dollar AS per koin atau Rp 32,3 juta.

Harga ether, yang merupakan mata uang kripto dengan valuasi terbesar setelah bitcoin, menguat hingga 1.295,2 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Kapitalisasi Aset Kripto Tembus Rp 28.000 Triliun, Dipimpin Bitcoin

Sementara dari awal tahun, harga ethereum sudah melesan hingga 190 persen.

Dikutip dari CNBC, salah satu faktor yang menyebabkan melejitnya harga mata uang kripto hari ini adalah rencana perusahaan perdagangan aset kripto, Coinbase, yang bakal melantai di bursa Amerika Serikat pada Rabu (14/4/2021) esok hari.

Diperkirakan, dengan melantai di bursa saham, valuasi Coinbase akan mencapai 100 miliar dollar AS. Investor mata uang kripto menilai, tercatatnya saham perusahaan perdagangan aset kripto di bursa saham berupakan batu loncatan besar bagi industri setelah selama bertahun-tahun dipandang sebelah mata oleh Wall Street serta regulator.

Baca juga: Mengenal Ethereum, Uang Kripto Selain Bitcoin yang Harganya Terus “Meroket”

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X