Layanan Penukaran Uang Untuk Lebaran Sudah Dibuka di 4.068 Kantor Bank

Kompas.com - 14/04/2021, 13:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah membuka layanan penukaran uang baru untuk periode Ramadhan dan Lebaran 2021.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, layanan itu telah dibuka sejak 12 April kemarin, dan akan terus dilakukan hingga 11 Mei 2021.

"Itu sudah kita buka penukaran uang termasuk di perbankan. Walaupun kalau kita lihat secara historical H-2 minggu sebelum pelaksanaan Lebaran penukaran banyak dilakukan masyarakat khususnya di perbankan," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Penukaran Uang Asing lewat Bank Mandiri Tembus 168 Juta Dollar AS

Lebih lanjut Ia menjelaskan, sama dengan seperti tahun lalu, layanan penukaran uang di BI tidak bisa dilakukan secara individual atau ritel, tetapi bisa dilakukan secara wholesale atau berkelompok.

Namun demikian, pada tahun ini masyarakat dapat melakukan penukaran uang di 4.068 kantor cabang atau outlet bank umum.

Angka tersebut meningkat sekitar 23 persen dibanding tahun lalu, yakni sebesar 3.742 kantor cabang atau outlet bank umum.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang, Marlison memastikan tidak ada peraturan khusus yang perlu diikuti.

Baca juga: Penukaran Uang Rp 75.000 Bisa Dilakukan di 9.000 Kantor Cabang Bank

"Enggak ada syarat. yang penting bawa uang yang mau ditukar," ucapnya.

Sebagai informasi, pada periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini BI menyiapkan uang kartal yang terdiri dari uang lembar dan logam sebesar Rp 152,14 triliun.

Uang kartal tersebut didominasi oleh pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000, yakni sebesar Rp 137 triliun atau setara 90,07 persen, sementara sisanya terdiri dari uang pecahan Rp 20.000 ke bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.