147 Fintech Pinjaman Online Kantongi Izin OJK, Ini Daftarnya

Kompas.com - 14/04/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi www.thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis daftar perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang finansial berbasis teknologi (fintech). Terdapat 147 perusahaan fintech yang bergerak di pinjaman online yang kini telah mengantongi izin OJK.

"Sampai dengan 30 Maret 2021, total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang terdaftar dan berizin di OJK adalah sebanyak 147 perusahaan," tulis OJK, Rabu (14/4/2021).

Dari total 147 fintech tersebut, terdapat satu penyelenggara fintech lending yang dibatalkan Surat Tanda Bukti Terdaftarnya oleh OJK, yaitu PT Gerakan Digital Akselerasi Indonesia.

Baca juga: Waspada Tawaran Pinjaman Online Via SMS, Mengapa?

OJK mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggara fintech lending yang sudah terdaftar atau memiliki izin dari OJK.

Apabila ditemukan adanya perusahaan fintek tak berizin, OJK telah menyediakan layanan aduan melalui Whatsapp dan sambungan telpon.

"Hubungi Kontak OJK 157 melalui nomor telepon 157 atau layanan Whatsapp 081 157 157 157 untuk mengecek status izin penawaran produk jasa keuangan yang Anda terima," saran OJK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun daftar selengkapnya bisa dilihat di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.