BI: Indeks Manufaktur Pada Fase Ekspansif di Kuartal I-2020

Kompas.com - 14/04/2021, 16:08 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, kinerja sektor industri pengolahan mengalami pertumbuhan dan berada dalam fase ekspansif.

Hal itu tecermin dari Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 50,01 persen pada periode Januari-Maret 2021, meningkat dari 47,29 persen pada triwulan IV 2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, peningkatan PMI itu sejalan dengan membaiknya kegiatan sektor industri pengolahan hasil survei kegiatan dunia usaha (SKDU).

Baca juga: Menperin Sebut PMI Manufaktur RI Berada di Level Tertinggi karena Stimulus PPnBM

"Peningkatan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI, terutama volume total pesanan, volume persediaan barang jadi, dan volume produksi yang berada dalam fase ekspansi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Secara subsektor, mayoritas responden mencatat perbaikan kinerja pada triwulan I 2021, terutama subsektor makanan, minuman dan tembakau, subsektor pupuk, kimia dan barang dari karet, serta subsektor tekstil, barang kulit dan alas kaki yang sudah berada pada fase ekspansi.

Pada triwulan II 2021, kinerja sektor industri pengolahan diprakirakan meningkat dan berada dalam fase ekspansi.

"PMI-BI pada triwulan II 2021 diprakirakan sebesar 55,25 persen, meningkat dari triwulan sebelumnya," ujar Erwin.

Peningkatan tersebut akan didorong oleh seluruh komponen pembentuknya, terutama volume produksi, volume total pesanan, dan volume persediaan barang jadi yang berada pada fase ekspansi.

Baca juga: Kembali Naik, Indeks Manufaktur RI Maret Tertinggi dalam 10 Tahun

Selain itu, seluruh subsektor diproyeksi akan berada pada fase ekspansi, terutama subsektor kertas dan barang cetakan, subsektor makanan, minuman dan tembakau, serta subsektor pupuk, kimia dan barang dari karet.

"Responden memperkirakan peningkatan tersebut didorong oleh peningkatan permintaan pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri," ucap Erwin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X