23 Startup RI Siap Unjuk Gigi di Hannover Messe 2021

Kompas.com - 14/04/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen Ikma) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menyebut, ada 23 perusahaan rintisan alias startup Indonesia yang siap mendunia.

Startup tersebut dilahirkan dari program Startup4Industri Kemenperin dan akan ditunjuk sebagai co-exhibitor di ajang Hannover Messe 2021.

"Potensi startup dan tech provider Indonesia yang luar biasa ini perlu didorong agar dunia industri yakin akan kemampuan mereka," ujarnya dalam diskusi Tech Provider & Startup Indonesia Hannover Messe secara virtual, Rabu (14/4/2021).

Salah satu startup yang terpilih yaitu PT Tata Sarana Mandiri (TSM) yang merupakan perusahaan berbasis teknologi tinggi yang aktif melakukan riset utamanya di perangkat telekomunikasi.

Baca juga: Franchise Kebab Turki Baba Rafi: Syarat, Fasilitas, hingga Modal Awalnya

Selain itu, ada juga PT Multi Planning Indonesia (MAPID) yang merupakan salah satu finalis Startup4Industri pada tahun 2018 dan PT Mygrowtek Jaya Imajin yang merupakan startup yang berasal dari salah satu pendukung program Startup4Industri yaitu Asosiasi Printer Tridimensi.

"Startup ini mengajak manufaktur Indonesia untuk saling berbagi sumber daya dan terhubung membentuk hub factory sharing. Resources sharing dan economy sharing adalah bagaimana manufaktur dan roda ekonomi industri 4.0 berjalan," ucap Gati.

Sebelumnya program Startup4Industri merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implemtasi teknologi di industri masyarakat.

Baca juga: BRI Pamit dari Aceh, Bagaimana Nasib Nasabah yang Mau Transaksi?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X