Milenial Tertarik Beli Produk Asuransi? Ini Tipsnya

Kompas.com - 14/04/2021, 18:17 WIB
Ilustrasi asuransi FREEPIK.comIlustrasi asuransi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih produk asuransi tidak boleh dilakukan sembarangan agar bisa terhindar dari risiko kerugian dan sejenisnya.

Khususnya bagi milenial yang akhir-akhir ini memiliki ketertarikan untuk berasuransi.

Deputi Direktur Pembelaan Hukum Perlindungan Konsumen OJK Sabar Wahyono membeberkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kaum milenial apabila ingin berasuransi.

Baca juga: Milenial dan Gen Z Bakal Jadi Penopang Pendapatan Industri Asuransi

"Pertama adalah tahu produk asuransi apa yang dipilih. Mengapa? Enggak mungkin kita membeli sesuatu enggak tahu cara mainnya, manfaatnya seperti apa, dan produknya bagaimana. Begitupun dengan asuransi," ujar Sabar dalam diskusi webinar Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang disiarkan secara virtual, Rabu (14/4/2021).

Menurut Sabar, indikator yang harus diketahui untuk produk asuransi apa yang dibeli, meliputi manfaat produk, harga atau biaya produk hingga risiko dari produk tersebut.

Lalu yang kedua adalah memperhatikan perusahaan penerbit produk.

Dengan memperhatikan perusahaan apa yang menjadi penerbit produk, bisa memastikan apakah perusahan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar milenial lebih memilih membeli asuransi yang sudah resmi terdaftar di OJK.

Baca juga: Wapres: Diskon PPnBM Berdampak bagi Pemasok Suku Cadang hingga Asuransi

"Kalau sudah terdaftar kan lebih bagus, berarti bisa dipercaya," kata Sabar.

Dia menambahkan, bagi masyarakat atau siapapun yang ingin membeli produk asuransi agar terhindar dari perusahan asuransi yang bodong, bisa mencari informasi dengan menelepon layanan kontak OJK di 157.

"Lewat layanan konsumen di 157 itu masyarakat bisa cari tahu perusahaan asuransi mana yang nyaman yang sudah terdaftar di OJK," jelas Sabar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X