[KURASI KOMPASIANA] Membuat Lansia Tetap Aktif, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 15/04/2021, 07:07 WIB
Ilustrasi lansia. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi lansia.

KOMPASIANA---Baik itu keluarga maupun orang-orang di sekitar kita sesungguhnya memiliki peran penting dalam kehidupan kaum lanjut usia.

Harapannya tentu agar kehidupan kaum lanjut usia ini bisa lebih semangat, sehat, bahagia, atau aktif hingga produktif.

Oleh karena itu peran kita kepada kaum lanjut usia supaya terus memberi perhatian, dorongan, serta kasih sayang supaya mereka tidak merasa tersisihkan secara sosial.

Namun, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana kita bisa memfasilitasi semua itu? Pendekatan seperti apa yang tepat?

1. Stimulasi Keterampilan dan Kemampuan Lansia

Menurut Kompasianer Junio Richson, kaum lansia ini sosok pribadi yang memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan kualitas pada keluarga baru.

Karena para lansia ini memiliki sejarah panjang yang menceritakan tentang perjuangannya terhadap keluarga baru maupun masyarakat umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, sayangnya masih banyak kelurga yang menganggap keberadaan lansia merepotkan. Bahkan tidak sedikit yang mengabaikannya.

"Umur yang semakin bertambah membuat tubuh harus mengalami perubahan yang menyangkut pendidikan kehidupan psikologis lanjut usia, seperti perasaan tersisih, tidak dibutuhkan," tulis Kompasianer Junio Richson.

Akan tetapi, dengan stimulasi yang diberikan kepada kaum lansia dapat membuat mereka tetap aktif dan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam segala aktivitas kehidupannya. (Baca selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.