Kompas.com - 15/04/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi kurma jenis Medjool. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKERIlustrasi kurma jenis Medjool.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Impor beberapa barang konsumsi untuk kebutuhan puasa dan Lebaran terlihat mulai melonjak, salah satunya impor buah kurma.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, impor buah kurma sudah meningkat sejak awal kuartal I-2021, yakni pada bulan Januari 2021. Saat itu, nilai impor kurma sudah mencapai 10,3 juta dollar AS.

"Kemudian pada Februari naik lagi 14,9 juta dollar AS, dan Maret impor naik menjadi 17,1 juta Dollar AS. Jadi bulan Januari sudah ada impor kurma dari beberapa negara," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi video, Kamis (15/4/2021).

Suhariyanto menyebut, impor kurma terjadi karena RI bukanlah negara penghasil kurma. Sementara momen puasa dan Lebaran identik dengan buah asal Negara Timur Tengah ini.

Baca juga: Agar Stok Pangan Aman Selama Ramadhan, Pemerintah Impor Bawang Putih hingga Gula

Lantas negara mana yang jadi pengimpor kurma ke Indonesia?. BPS mencatat ada 3 negara pengimpor kurma ke Indonesia yakni Mesir, Tunisia, dan Arab Saudi.

"Kalau impor yang khusus jelang Lebaran itu tentu saja adalah kurma. Karena kita tidak produksi kurma, biasanya impor kurma," ungkap Suhariyanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Impor kurma lantas sedikit banyak menjadi penyumbang besarnya impor di kuartal I-2021. Secara kumulatif, impor kuartal I-2021 mencapai 43,38 dollar AS, meningkat 10,76 persen (year to date/ytd).

Bulan ini, nilai impor mencapai 16,79 miliar dollar AS, atau tumbuh 26,55 persen dibanding Februari 2021. Dibandingkan bulan Maret tahun sebelumnya (year on year/yoy), impor melesat 25,73 persen.

"Kalau kita lihat antusiasme dari pengusaha maupun masyarakat untuk menyambut Lebaran ini cukup bagus. Permintaan barang di luar menyebabkan industri bergerak. Kenaikan impor terjadi sebagian untuk antisipasi konsumsi lebaran," sebut dia.

Baca juga: 8 Tahun Jualan Kurma Impor, Pria Ini Catatkan Omzet Miliaran Rupiah Per Tahun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.