Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Dogecoin Meroket 85 Persen Dalam Sehari

Kompas.com - 15/04/2021, 16:10 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNN


NEW YORK, KOMPAS.com - Mata uang digital yang mencetak rekor baru dalam pekan ini tak hanya bitcoin dan ethereum.

Dilansir dari CNN, Kamis (15/4/2021) dogecoin, mata uang digital dengan logo anjing Shiba Inu mencatat rekor harga baru, yakni 0,13 dollar AS atau sekitar Rp 1.885 per koin.

Harga dogecoin, yang mulanya dibuat sebagai meme atau lelucon di dunia maya tujuh tahun yang lalu, meroket 85 persen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Coindesk, saat ini kapitalisasi pasar dogecoin sudah mencapai lebih dari 17 miliar dollar AS.

Baca juga: Investor Bitcoin Sebut Tweet Elon Musk soal Dogecoin Mengkhawatirkan, Mengapa?

Melonjaknya harga dogecoin dan token digital lain dalam beberapa hari terakhir disebabkan oleh debut dompet kripto Coinbase di bursa sahan Amerika Serikat, Wall Street.

Debut Coinbase tersebut diharapkan bisa menjadi batu loncatan baru agar transaksi uang digital benar-benar dianggap sebagai bagian dari bisnis.

Harga bitcoin pun mencetak rekor baru yakni di kisaran 62.700 dollar AS per keping pekan ini. Mata uang kripto lain seperti ethereum juga mencatatkan kinerja cemerlang pekan ini akibat debut Coinbase tersebut.

Namun demikian, fenomena lonjakan harga dogecoin perlu diberi perhatian khusus. Pasalnya, harga mata uang digital tersebut meroket hingga lebih dari 2.000 persen sejak awal tahun ini.

Salah satu faktornya yakni uanggahan tweet CEO Tesla, Elon Musk yang menjadi pemacu bagi para investor untuk ramai-ramai membeli aset kripto tersebut.

Baca juga: Mata Uang Digital Dogecoin Melejit 800 Persen akibat Forum Reddit

Selain itu, melonjaknya harga dogecoin juga disebabkan oleh investor-investor Reddit yang memutuskan untuk ramai-ramai membuat harga mata uang kripto tersebut meroket. Akibat dorongan tersebut, harga dogecoin melonjak hingga lebih dari 600 persen.

Untuk diketahui, Coinbase telah melakukan debut mereka di bursa saham Amerika Serikat pada Rabu (14/4/2021) waktu setempat.

Perusahaan tersebut tercatat memiliki kinerja yang positif dan pertumbuhan pendapatan terus menguat dalam beberapa tahun terakhir.

Harga saham Coinbase pada penatatan saham perdana (IPO) dibuka pada angka 381 dollar AS per saham atau sekitar Rp 5,5 juta (kurs Rp 14.600).

Harganya sempat menyentuh angka 429 dollar AS (sekitar Rp 6,2 juta), namun kemudian kembali turun hingga sempat berada di posisi 310 dollar AS (sekitar Rp 4,5 juta).

Baca juga: Terus Melonjak, Harga Bitcoin Diramal Bisa Tembus Rp 1 Miliar

Meskipun turun, nilai saham Coinbase tetap berada di atas harga referensi yang ditetapkan oleh Nasdaq, yakni 250 dollar AS (sekitar Rp 3,6 juta). Pada penutupan hari Rabu, saham

Coinbase mencapai 328,28 dollar AS (sekitar Rp 4,8 juta). Dengan harga tersebut, nilai kapitalisasi pasar Coinbase tercatat mencapai 85,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.250 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com