Harga Dogecoin Meroket 85 Persen Dalam Sehari

Kompas.com - 15/04/2021, 16:10 WIB
Mata uang kripto Dogecoin ShutterstockMata uang kripto Dogecoin


NEW YORK, KOMPAS.com - Mata uang digital yang mencetak rekor baru dalam pekan ini tak hanya bitcoin dan ethereum.

Dilansir dari CNN, Kamis (15/4/2021) dogecoin, mata uang digital dengan logo anjing Shiba Inu mencatat rekor harga baru, yakni 0,13 dollar AS atau sekitar Rp 1.885 per koin.

Harga dogecoin, yang mulanya dibuat sebagai meme atau lelucon di dunia maya tujuh tahun yang lalu, meroket 85 persen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Coindesk, saat ini kapitalisasi pasar dogecoin sudah mencapai lebih dari 17 miliar dollar AS.

Baca juga: Investor Bitcoin Sebut Tweet Elon Musk soal Dogecoin Mengkhawatirkan, Mengapa?

Melonjaknya harga dogecoin dan token digital lain dalam beberapa hari terakhir disebabkan oleh debut dompet kripto Coinbase di bursa sahan Amerika Serikat, Wall Street.

Debut Coinbase tersebut diharapkan bisa menjadi batu loncatan baru agar transaksi uang digital benar-benar dianggap sebagai bagian dari bisnis.

Harga bitcoin pun mencetak rekor baru yakni di kisaran 62.700 dollar AS per keping pekan ini. Mata uang kripto lain seperti ethereum juga mencatatkan kinerja cemerlang pekan ini akibat debut Coinbase tersebut.

Namun demikian, fenomena lonjakan harga dogecoin perlu diberi perhatian khusus. Pasalnya, harga mata uang digital tersebut meroket hingga lebih dari 2.000 persen sejak awal tahun ini.

Salah satu faktornya yakni uanggahan tweet CEO Tesla, Elon Musk yang menjadi pemacu bagi para investor untuk ramai-ramai membeli aset kripto tersebut.

Baca juga: Mata Uang Digital Dogecoin Melejit 800 Persen akibat Forum Reddit

Selain itu, melonjaknya harga dogecoin juga disebabkan oleh investor-investor Reddit yang memutuskan untuk ramai-ramai membuat harga mata uang kripto tersebut meroket. Akibat dorongan tersebut, harga dogecoin melonjak hingga lebih dari 600 persen.

Untuk diketahui, Coinbase telah melakukan debut mereka di bursa saham Amerika Serikat pada Rabu (14/4/2021) waktu setempat.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X