Cyber Ethics dan Cyber Law, Kontribusinya bagi Dunia Bisnis

Kompas.com - 16/04/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi digital SHUTTERSTOCKIlustrasi digital

RABU, 14 April 2021 saya turut menghadiri Peluncuran buku Cyber Ethic dan Cyber Law – Kontribusinya bagi Dunia Bisnis. Sebuah buku menarik yang di tulis oleh Prof Dr (Doddy) Ida Bagus Rahmadi Supancana, SH, MH sekaligus merupakan serial publikasi dari Atma Jaya Studies on Aviation, Outer Space and Cyber Laws.

Acara peluncuran buku ini memang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Hukum FH Unika Atma Jaya; Atma Jaya Studies on Aviation, Outer Space, and Cyber Laws ; Atma Jaya Institute of Public Policy.

Mengapa acara ini menjadi menarik? Karena diskusi dalam peluncuran buku tersebut diarahkan kepada pembahasan dalam pengaturan Fintech atau teknologi finansial di Indonesia.

Selain diisi dengan presentasi singkat dan padat oleh Sang Penulis, acara pembahasan buku diperkaya oleh penanggap profesional di bidangnya masing masing, antara lain Prof Abu Bakar Munir, Andreas Maryoto, dan Stevanus Pangestu. Acara menjadi lebih menarik lagi dan hidup karena pihak penyelenggara menunjuk Saudara Edbert Gani Suryahudaya dari CSIS sebagai moderator.

Buku setebal 130 halaman karya Professor Doddy, guru besar ilmu Hukum adalah merupakan buku ke sekian dari banyak sekali yang telah ditulis olehnya. Sebagian besar buku tulisan Prof Doddy adalah wujud dari refleksi keperdulian beliau dalam memandang perkembangan mutakhir yang terjadi beserta dampaknya ditengah kehidupan sehari hari masyarakat luas.

Baca juga: Ke Depan, Digital Akan Menjadi Keharusan...

Terutama sekali buku tersebut tampil sebagai sebuah kontribusi nyata dalam mengawal pesatnya pertumbuhan dan kompleksitas dalam antisipasi pengaturan industri teknologi yang tengah marak belakangan ini.

Menjadi sangat penting dalam mengikuti dan mengamati perkembangan fintech sebagai sebuah sektor yang demikian pesat pertumbuhannya di dunia yang tidak bisa dihindari akan banyak bersinggungan dengan banyak hal penting dalam kegiatan rutin sehari-hari.

Misalnya saja sampai sejauh mana perlindungan data pribadi dapat terjaga dalam lingkup privasi seseorang, atau lebih jauh lagi akan kemana arahnya hak para konsumen dapat tetap terjaga nantinya.

Pada titik inilah maka banyak hal berkait dengan etika dan sisi hukum serta regulasi akan menjadi sangat krusial untuk dapat dipahami bersama demi tegaknya keadilan.

Dunia siber dengan salah satu unsur utamanya berwujud artificial inteligent telah muncul di permukaan sebagai sebuah fenomena yang kadang cukup membingungkan. Akselerasi kemajuan teknologi yang berciri otomatisasi terutama dibidang finansial telah merubah drastis gaya hidup semua orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X