Bernie Madoff, Penjahat Skema Ponzi Terbesar yang Meninggal di Penjara

Kompas.com - 16/04/2021, 18:36 WIB
Bernie Maddof TIMOTHY A. CLARY/AFP via Getty ImagesBernie Maddof

NEW YORK, KOMPAS.com - Pelaku penipuan investasi dengan skema ponzi terbesar sepanjang sejarah, Bernard L. Madoff meninggal pada Rabu (14/4/2021) lalu.

Pria yang akrab disapa Bernie Madoff itu wafata pada usia 82 tahun, di penjara federal Butner, North Carolina, Amerika Serikat.

Madoff tutup usia ketika tengah menjalani hukuman 150 tahun di penjara, setelah pada 2009 lalu mengaku telah menipu investor dengan skema ponzi. Meskipun belum dipastikan penyebab kematiannya, Madoff diketahui menderita penyakit ginjal kronis.

Baca juga: Skema Ponzi Dominasi Investasi Bodong di Indonesia

Pria kelahiran Queens, New York itu dijatuhi hukuman oleh dewan juri pada 2009 setelah disebut merugikan kliennya dengan skema ponzi sebesar 65 miliar dollar AS.

Dilansir dari Time, Jumat (16/4/2021), Madoff merupakan seorang lulusan Hostra University, dengan studi ilmu politik. Setelah lulus, Ia pun mengambil kelas singkat tentang hukum

Bermodal pengetahuan dan uang yang didapat dari pekerjaanya sebagai penjaga pantai, Madoff mendirikan perusahaan bernama Bernard L Madoff Investment Securities LCC pada 1960. Perusahaan itu mampu menarik minat orang-orang kaya untuk menempatkan dana investasinya.

Semula, Madoff berhasil membuat reputasi baik dengan membayarkan keuntungan kepada para kliennya. Ini dilakukan Madoff dengan cara memberikan keuntungan kepada klien dari dana setoran klien lainnya, atau lebih dikenal dengan skema ponzi.

Namun ketika terjadinya krisis ekonomi di AS pada 2008, modus penipuan investasi tersebut mulai terkuak. Para klien Madoff yang terdampak krisis meminta agar dananya dikembalikan.

Baca juga: Pemilik Skema Ponzi Terbesar di China Dihukum Penjara Seumur Hidup

Halaman:


Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X