Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Targetkan Bali Bisa Dikunjungi Wisman Pada Tahun Ini

Kompas.com - 16/04/2021, 19:30 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan di tengah tahun 2021, wisatawan mancanegara (Wisman) bisa kembali berwisata ke Bali. Hal ini mengingat vaksinasi yang dilakukan di Bali sudah mencapai 70 persen.

“Ini menjadi pendekatan kita untuk kesiapan menyambut wisman seandainya semua rencana-rencana kita terealisasikan, maka di paruh kedua tahun ini siap menyambut wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga melalui Instagram, Jumat (16/4/2021).

Sandiaga mengatakan, dengan vaksinasi yang sudah rampung lebih dari 70 persen, pembukaan pariwisata di Bali diharapkan menjadi game changer untuk memulihkan sektor pariwisata.

Baca juga: Sandiaga Cari Cara Agar Potensi Dana Wisatawan Domestik Rp 150 Triliun Tak Kabur ke Luar Negeri

"Tadi saya baru bicara dengan Presiden Joko Widodo, jika kita bisa mengumumkan ke seluruh dunia bahwa Bali telah divaksinasi 70 persen ke atas, ini bisa menjadi game changer," jelas dia.

Sandiaga mengatakan, progres pemberian vaksinasi ini tentunya memberikan semangat baru untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali, karena tentunya akan memperluas lapangan kerja di kawasan tersebut.

Menurut Sandiaga, dengan mengumumkan ke dunia terkait vaksinasi, diharapkan memberikan keyakinan akan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Di sisi lain, pengembangan pariwisata tidak terlepas dari pembangunan infrastruktur yang memadai. Sandiaga memahami, pembangunan infrastruktur berkelanjutan butuh pendanaan, baik dari pemerintah, swasta, ataupun kemitraan.

Baca juga: Bandara YIA Diyakini Bisa Ikut Tarik Wisatawan Datang ke Yogyakarta

Pemulihan sektor pariwisata diharapkan mampu mendorong investor dalam negeri dan investor asing berpartisipasi dalam membangun infrastruktur berkelanjutan.

"Kita tau memang pembanguan infrastruktur itu perlu pendanaan. Kalau kita bicara suistainability, ini sekarang banyak ketertarikan berinvstsi di sektor yang disebut green economic, dan ini kita terus dorong di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com