Permintaan Kredit Terus Tumbuh, Ini Indikatornya

Kompas.com - 16/04/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, Saldo Bersih Terimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Maret 2021 sebesar 68,7 persen, lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 40,6 persen. Ini menandakan terus tumbuhnya permintaan kredit.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, berdasarkan kelompok bank, meningkatnya penyaluran kredit baru pada Maret 2021 diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank dan untuk seluruh jenis kredit.

"Dengan perkembangan tersebut, penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh positif untuk keseluruhan triwulan I 2021, terindikasi dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru sebesar 52,9 persen," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Simak Perbedaan Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Berdasarkan kategori lapangan usaha, penyaluran kredit baru pada Maret diprioritaskan kepada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan, konstruksi, serta pertanian, kehutanan dan perikanan.

Lebih lanjut BI memproyeksikan, penyaluran kredit baru akan kembali meningkat pada April 2021, meskipun tidak setinggi pada bulan sebelumnya.

"Hal tersebut terindikasi dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru April 2021 sebesar 66,3 persen," ujar Erwin.

Selain itu, kebutuhan pembiayaan korporasi pada Maret kemarin juga meningkat menjadi 16,6 persen dari 8,2 persen. Peningkatan kebutuhan pembiayaan terutama disampaikan oleh responden pada sektor Industri pengolahan, perdagangan, pertanian, perikanan dan kehutanan, konstruksi, serta reparasi mobil dan motor.

"Kebutuhan tersebut digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, membayar kewajiban yang jatuh tempo, dan mendukung pemulihan pasca-new normal. Adapun pemenuhan kebutuhan pembiayaan didominasi oleh dana sendiri yang meningkat," ucap Erwin.

Baca juga: OJK Prediksi Bank Digital Bisa Berikan Suku Bunga Kredit Lebih Murah



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X