Kemenperin Targetkan Industri Farmasi Tumbuh Double Digit pada 2021

Kompas.com - 16/04/2021, 20:06 WIB
Ilustrasi industri farmasi Thinkstock/CreativaImagesIlustrasi industri farmasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan industri farmasi bisa tumbuh dua angka di tahun 2021 yang sebelumnya hanya tumbuh sebesar 9 persen di 2020.

"Kita harapkan industri ini bisa tumbuh double digit di tahun 2021,"ujar Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kemenperin Muhammad Khayam dalam jumpa pers virtual, Jumat (16/4/2021).

Dia optimistis target itu tercapai lantaran sektor farmasi menjadi salah satu yang banyak dibutuhkan masyarakat selama pandemi.

Baca juga: INACA Prediksi Industri Penerbangan Mulai Pulih pada 2022

Khayam berharap sektor farmasi bisa meningkatkan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 13 persen.  Begitupun dengan nilai investasinya yang diharapkan juga bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

"Pada 2020, realisasi investasi di industri ini sekitar Rp 11 triliun dan semoga di tahun ini juga bisa meningkat," ucap dia.

Khayam mengatakan, secara keseluruhan pertumbuhan sektor Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) selama tahun 2020 mengalami kontraksi minus 1,49 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, angka itu cukup baik jika dibandingkan dengan rata-rata sektor industri pengolahan non-migas yang juga terkontraksi sebesar minus 2,52 persen.

Sementara di sisi realisiasi investasi lanjut dia, IKFT berhasil mencatatkan pertumbuhan menjadi Rp 61,97 triliun naik dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 54,93 triliun.

"Industri ini juga berhasil memberikan sumbangsih positif terhadap penyerapan tenaga kerja. Kami melihat penyerapan tenaga kerja untuk industri ini ada sebanyak lebih dari 6 juta orang," ujar dia.

Baca juga: Pertumbuhan Sektor Kimia, Farmasi, dan Tekstil Terkontraksi Selama 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.