KILAS

Jalin Kerja Sama dengan JPEN, PGN Berusaha Dorong Daya Saing Industri Jateng

Kompas.com - 16/04/2021, 20:14 WIB
Acara Jateng Gas Business Gathering 2021, Kamis (15/04/2021). DOK. Humas PGNAcara Jateng Gas Business Gathering 2021, Kamis (15/04/2021).

KOMPAS.com – Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negara (PGN) (Tbk) Syahrial Mukhtar optimistis infrastruktur yang terintegrasi dapat mempercepat akses gas bumi yang andal di Jawa Tengah (Jateng).

“Kami berharap nilai lebih gas bumi dapat mendorong kemajuan dan daya saing industri di Jateng,” ungkapnya, Jumat (16/4/2021).

Dia mengatakan itu usai PGN menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penyediaan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Provinsi Jateng dengan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN).

Penandatanganan itu dilakukan Syahrial dengan Direktur Utama PT Jateng Petro Energi (Perseroda) Muhammad Iqbal dan disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dilakukan secara virtual dalam acara Jateng Gas Business Gathering 2021, Kamis (15/04/2021).

Baca juga: PGN Terus Lakukan Optimalisasi Pasar Eksisting dan Ekspansi Bisnis

Syahrial menjelaskan, MoU ini bertujuan untuk mengkaji potensi kerja sama terkait rencana penyediaan pasokan gas bumi dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG) beserta infrastruktur pendukungnya, untuk memenuhi kebutuhan energi di Jateng.

Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jateng yang terlihat dari makin banyaknya kawasan industri baru yang berkembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tercatat, hingga kini ada beberapa kawasan industri di Jateng, seperti Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dan Kawasan Industri Kendal (KIK) sebagai pasar potensial gas bumi.

Berbagai upaya PGN di Jateng

Untuk itu, dengan segala kapabilitas yang dimiliki, PGN berupaya agar pemenuhan kebutuhan gas bumi di Jateng dapat terealisasi.

Salah satunya melalui Pipa Tranmisi Gresik-Semarang (Gresen). Lewat Pipa Tranmisi Gresen PGN diestimasikan mampu menyalurkan gas bumi sekitar 400 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Baca juga: Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas, PGN Terapkan Sipgas dan Utamakan Safety

Bukan hanya itu, PGN juga tengah menyelesaikan interkoneksi Pipa Gresem dengan Pipa Kalimantan Jawa (Kalija) untuk optimalisasi distribusi gas bumi khususnya sektor industri area Semarang dan Kendal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.