Apakah Diperbolehkan Daftar Sekolah Kedinasan dan Ikut Tes CPNS/PPPK?

Kompas.com - 16/04/2021, 20:46 WIB
CPNS 2021 screenshootCPNS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini memberikan peluang bagi masyarakat lulusan SMA/sederajat untuk menjadi ASN melalui jalur Sekolah Kedinasan serta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Calon pelamar pun bertanya-tanya apakah diperbolehkan mengikuti sekolah kedinasan dan CPNS/PPPK sekaligus?

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko mengatakan, pada dasarnya lulusan SMA/sederajat dapat mendaftar kedua skema tersebut. Namun, ada hal yang harus diperhatikan oleh calon pelamar.

Baca juga: Ini Persyaratan CPNS 2021 untuk Cumlaude hingga Disabilitas

"Sekolah Kedinasan membutuhkan lulusan sekolah dengan ijazah SMA/sederajat. Sedangkan untuk CPNS dan PPPK, memang terdapat formasi untuk lulusan SMA, namun sangat terbatas," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Untuk itu Teguh mengingatkan, agar calon pelamar yakin dengan pilihan yang akan diambilnya. Selain karena formasi yang terbatas, hal ini juga dikarenakan pelamar hanya dapat memilih satu Sekolah Kedinasan dan juga satu formasi pada seleksi CPNS maupun PPPK.

"Jika ingin mendaftar sekolah kedinasan, lebih baik fokus terhadap proses seleksi sekolah kedinasan. Demikian juga sebaliknya. Percaya dengan pilihan yang diambil, diikuti dengan ikhtiar, doa, dan usaha yang cukup. Insya Allah hasil yang terbaik," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mei Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.