Industri Tambak Udang di Bangka Menggeliat, Permintaan Listrik Ikut Melonjak

Kompas.com - 17/04/2021, 21:14 WIB
Salah satu kolam tambak udang vaname di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (16/4/2021). KOMPAS.COM/HERU DAHNURSalah satu kolam tambak udang vaname di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (16/4/2021).

 

BANGKA, KOMPAS.com - Industri tambak udang di Kepulauan Bangka Belitung terus menggeliat di tengah pandemi Covid-19.

Pertumbuhan terlihat dari adanya permintaan tambah daya dan penyambungan baru energi listrik.

General Manager PLN Babel Amris Adnan mengatakan, baru-baru ini pihaknya memenuhi kebutuhan listrik untuk tujuh tambak udang di pulau Bangka dengan total daya sebesar 2,3 juta volt ampere (VA). 

Baca juga: Diskon Tarif Listrik Dipangkas, Ini Langkah PLN Agar Pelanggan Tidak Kaget

Tambang udang tersebut yakni PT Budidaya Tropisindo dengan daya 865 kVA, TU Feny Gunawan (197 kVA), PT Shrimpi Daya Lestari (197 kVA), TU Yayasan Mahad Islam (147 kVA), TU Khoirul Haq (197 kVA), CV Mavindo Karya Lestari (555 kVA), dan TU Hendri (197 kVA). 

"Tambak dilistriki dengan layanan premium silver. Mereka diberi fasilitas berupa pembangunan jaringan ekspres tegangan menengah," kata Amris kepada awak media, Jumat (16/4/2021).

Selain itu, terdapat sistem dua penyulang yang difungsikan untuk menyuplai listrik ke pelanggan, sehingga pelanggan tak perlu lagi mengeluarkan biaya genset dengan bahan bakar minyak yang lebih besar biayanya. 

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 459 pelanggan di Bangka Belitung dilayani dengan layanan premium, dengan 112 di antaranya untuk kebutuhan tambak udang. 

"Kami berterima kasih kepada para investor tambak udang yang sudah memercayakan listriknya ke PLN semoga produksinya semakin meningkat dengan penyambungan ini,” kata Amris.

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Tarif Listrik 50 Persen April-Juni 2021

Amris mengungkapkan bahwa tambak udang adalah sektor yang mampu menyerap produksi energi di tengah pandemi. 

Penyambungan listrik ini menggambarkan adanya geliat ekonomi yang terus tumbuh dari hari ke hari di Bangka Belitung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X