KILAS

Partisipasi Telkom di Hannover Messe 2021 Dukung Kedaulatan Digital Indonesia

Kompas.com - 18/04/2021, 16:44 WIB
Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) saat livestream talk bertajuk Indonesia's Digital Ecosystem dalam event Hannover Messe 2021, Jumat (16/4). Dok. Humas Telkom IndonesiaDirektur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) saat livestream talk bertajuk Indonesia's Digital Ecosystem dalam event Hannover Messe 2021, Jumat (16/4).
Penulis Nana Triana
|

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah mengatakan, penyelenggaraan Hannover Messe 2021 merupakan salah satu momen penting untuk mempromosikan Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia.

"Kehadiran kami dalam kegiatan internasional ini dapat mempertegas dukungan Telkom dan BUMN terhadap transformasi industri 4.0 serta akselerasi agenda transformasi digital di Indonesia," kata Ririek dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Hal tersebut, lanjut Ririek, demi mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus terciptanya kedaulatan digital Indonesia atau yang dikenal dengan digital sovereignty.

Sementara itu, Direktur Digital Business Telkom M Fajrin Rasyid memaparkan, sebagai negara pertama yang berpartisipasi dari Asia Tenggara, Indonesia merupakan negara besar dengan ekonomi digital yang tumbuh kian cepat di Asia Tenggara.

Baca juga: Dalam Hannover Messe 2021, Telkom Kenalkan Produk dan Layanan Digital

“Di era digital dan pandemi Covid-19, tantangan Indonesia saat ini adalah mengembangkan kedaulatan digital, mengakselerasi digitalisasi Indonesia, membangun ekonomi digital, dan mendorong konten digital domestik menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Fajrin.

Fajrin menyebut, Indonesia harus memanfaatkan kesempatan dalam pertumbuhan ekonomi digital dan memanfaatkan data yang dimiliki secara tepat guna untuk menyejahterakan masyarakat.

Terkait transformasi perseroan, Fajrin mengatakan, kehadiran teknologi digital dapat memberikan banyak manfaat serta menjadikan Indonesia lebih baik dan sejajar dengan negara maju lainnya.

“Untuk itu, Telkom ingin memperluas bisnis ke platform digital dan layanan digital dengan dukungan kekuatan konektivitas yang dimiliki,” kata Fajrin.

Baca juga: Telkom Ajak Masyarakat Jadi Agen Digital Berpenghasilan hingga Jutaan Rupiah, Simak Caranya

Ia berharap, langkah tersebut dapat menjadi enabler untuk mengembangkan kedaulatan digital sekaligus menopang pengembangan ekonomi digital Indonesia.

Adapun beberapa sektor yang ingin diperkuat Telkom dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi digital adalah sektor kesehatan, pendidikan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta agrikultur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X