[KURASI KOMPASIANA] Sedarah tapi Saling Cemburu | Pandangan Keliru tentang Anak Sulung | Puncak Sibling Rivalry Ada pada Pembagian Harta Warisan

Kompas.com - 18/04/2021, 21:11 WIB
Ilustrasi persaingan saudara. SHUTTERSTOCKIlustrasi persaingan saudara.

KOMPASIANA---Sewaktu kecil pertengkaran antara kakak adik jamak terjadi. Faktor pemicunya beragam, namun yang umum adalah rebutan sesuatu atau cemburu karena berpikir orangtua lebih sayang pada saudara yang lain.

Semakin dewasa rivalitas tersebut biasanya perlahan memudar, meski tak sedikit pula yang makin menajam terutama jika menyinggung tentang pencapaian dan kesuksesan yang diraih.

Walaupun aroma persaingan tidak bisa sepenuhnya dihilangkan dalam perjalanan hubungan antar saudara, mestinya hal tersebut tidak membuat tali persaudaraan renggang.

Sejatinya menjalani kehidupan yang rukun dan saling mendukung antar saudara tentu jadi harapan semua orang.

Berikut adalah 3 konten menarik di Kompasiana berkaitan dengan rivalitas antar saudara atau sibling rivalry:

1. Sedarah, tapi Saling Cemburu

Kasih sayang orangtua yang diberikan pada setiap anak itu sama. Akan tetapi hal tersebut kerap belum dipahami oleh anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orangtua bukan memberi kasih sayang yang berbeda tapi mereka memberi sesuai karakter masing-masing anak," ungkap Kompasianer Uli Hartati.

Di dalam artikelnya ia juga mengungkapkan bahwa rasa cemburu yang dirasakan kepada saudara kandung tak bisa dihindarkan.

Namun, bukan berarti tidak bisa dihilangkan, karena seiring perjalanan waktu kita akan memahaminya dan mengubah rasa cemburu itu menjadi saling support antar saudara. (Baca Selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.